MEMPERTAHANKAN REPUTASI PERUSAHAAN MELALUI KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PETROKIMIA GRESIK

Muhammad Daviq Romadlon, 071414853032 (2016) MEMPERTAHANKAN REPUTASI PERUSAHAAN MELALUI KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT PETROKIMIA GRESIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSK.17-16 Rom m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam dunia industri sekarang ini semakin banyak perusahaan di Indonesia bergiat dalam mengelola dan mempertahankan reputasinya. Reputasi merupakan aset yang tidak tampak (intangible), namun merupakan aset yang penting bagi perusahaan seperti PT Petrokimia Gresik yang merupakan salah satu perusahan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dalam melakukan proses produksi tergolong perusahaan yang menghasilkan limbah, polutan dan gas. Perusahan juga menyadari perlunya melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR)/Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan agar masyarakat turut merasakan manfaat (Investasi Social) melalui program “Kampung Sehat”. Secara geografis perusahaan ini berdiri di tengah-tengah pemukiman, tentu perusahaan ini sedikit banyak memberikan dampak negatif baik terhadap kesehatan masyarakat maupun lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Program “Kampung Sehat” dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan PT Petrokimia Gresik. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, penelitian ini merupakan studi kasus yakni meneliti masalah-masalah kontemporer (masa kini) dan unik (berbeda dengan yang lain). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dalam menganalisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, reputasi yang berusaha dipertahankan oleh PT Petrokimia Gresik yaitu menjadi perusahaan terbesar, terlengkap dan aman serta berkompeten. Melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah dilaksanakan, berkomunikasi efektif dua arah yang dilakukan secara Long Term serta berperan aktif dalam Community Development dalam memberikan pelayanan prima melalui kegiatan CSR Program Kampung Sehat sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan akibat dampak operasional perusahaan. Apa yang telah dilakukan oleh PT. Petrokimia Gresik sesuai dengan teori Triple Bottom Line bahwa sebuah perusahaan yang ingin terus berkelanjutan harus memperhatikan 3 aspek penting yaitu masyarakat (people), lingkungan (planet), selain berorientasi kepada ekonomi (profit) yang didapatkan perusahaan untuk mendukung keberlangsungan hidup perusahaan. Maka akan terbentuk dengan sendirinya persepsi positif dibenak masyarakat (publik) bahwa ketika mereka mendengar nama perusahaan PT Petrokimia Gresik yang muncul adalah PT Petrokimia Gresik sebagai perusahaan terbesar, terlengkap di Indonesia dan aman serta berkompeten.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.17/16 Rom m
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Reputasi
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Daviq Romadlon, 071414853032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain Mashud, Prof. Dr., Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorDjoko W. Tjahjo, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 13 Nov 2016 20:47
Last Modified: 13 Nov 2016 20:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item