PESANTREN DAN PENYIARAN KOMUNITAS (Prinsip dan Praktek Radio Komunitas “Suara Tebuireng” Jombang)

Ahmad Riyadi, 071414853034 (2016) PESANTREN DAN PENYIARAN KOMUNITAS (Prinsip dan Praktek Radio Komunitas “Suara Tebuireng” Jombang). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TSK.19-16 Riy p FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
TSK.19-16 Riy p LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan penyiaran komunitas di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, menjelaskan isu-isu yang disiarkan dan tanggapan keberadaan Radio Komunitas Suara Tebuireng (Rakom ST). Penelitian ini dilatarbelakangai dari PP Tebuireng yang memanfaatkan teknologi informasi dengan keberadaan Rakom ST sebagai satu-satunya radio komunitas berbasis dakwah di Jombang. Adapun rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana Pesantren salaf-modern Tebuireng menggunakan penyiaran komunitas sebagai media komunikasi pesantren?; 2) Isu-isu apa yang menjadi wacana yang disiarkan oleh radio komunitas Suara Tebuireng?; 3) Bagaimana tanggapan Kyai dan Santri terhadap keberadaan Rakom ST?. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dan teknik penentuan informan melalui snowball. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Rakom ST merupakan jembatan antara pesantren dan masyarakat dengan cara pembuatan program siaran yang mengulas perihal pemahaman pesantren dan kajian keislaman. Walaupun secara prinsip dan prakteknya, Rakom ST belum sepenuhnya mencerminkan radio komunitas. Selain itu pula Rakom ST sebagai media counter of issues yang fokus pada religiuitas, educate pemahaman pesantren dan menjaga akidah Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) serta menjadi wadah NU non-politik melalui program siaran Rakom ST. dengan situasi yang merenggang antara pesantren dan masyarakat, Rakom ST menjadi media yang bertujuan untuk membaurkan Pesantren, Masyarakat dan Media berbaur demi kemanfaatan.. Adapun dalam konteks komunikasi, Rakom ST menggunakan model satu arah dengan pendengar dari Harold D. Lasswell, dan hal ini mirip dengan komunikasi yang ada di Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.19/16 Riy p
Uncontrolled Keywords: Radio; Pesantren; PP Tebuireng; Lembaga Penyiaran Komunitas
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Ahmad Riyadi, 071414853034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRachmah Ida, Prof., Dra., M.Comm., Ph.D.UNSPECIFIED
ContributorDjoko Wahjo Tjahjo, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 13 Nov 2016 20:57
Last Modified: 12 Dec 2017 23:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45683
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item