WEDHANG COR DI JTV JEMBER MENURUT PERSPEKTIF HABERMAS (Analisis Wacana Kritis pada Acara Wedhang Cor di JTV Jember dalam Konsep Ruang Publik Habermas)

Finish Rimbi Kawindra, 0714140853001 (2016) WEDHANG COR DI JTV JEMBER MENURUT PERSPEKTIF HABERMAS (Analisis Wacana Kritis pada Acara Wedhang Cor di JTV Jember dalam Konsep Ruang Publik Habermas). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (773kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TSK.24-16 Kaw w..pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana konsep ruang publik diterapkan pada acara Wedhang Cor di JTV Jember. Konsep ruang publik yang akan diteliti berdasarkan pada beberapa contoh episode yang ada pada acara Wedhang Cor. Dari tayangan tersebut juga dilihat beberapa aspek yang muncul diantaranya konten acara, keikutsertaan penonton pada acara tersebut dan aspek lain yang menunjang acara tersebut. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan menggunakan teknik critical discourse analysis yang diungkapkan oleh Fairclough yang terdiri dari teks, praktik wacana dan praktik sosiokultural. Hasil temuan data pada penelitian ini menunjukkan bahwa Ruang publik yang terbentuk pada acara Wedhang Cor masih bersifat utopia. Hal ini digambarkan dengan masih adanya pengaruh dari luar atau kelompok – kelompok tertentu dalam penentuan topik atau materi yang akan dibahas dalam acara Wedhang Cor sehingga menimbulkan adanya acara ‘titipan’. Munculnya acara ‘titipan’ pada tayangan Wedhang Cor ini dapat digambarkan bahwa media sebagai penyedia informasi pun tidak akan bisa luput dari pengaruh luar. Hal ini menyiratkan bahwa secara tidak langsung media dijadikan sebuah tempat atau lahan untuk alat politik bagi yang berkepentingan. Wedhang Cor mampu untuk memberikan ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi memberikan pertanyaan, argumen, ide dan gagasan pada topik atau permasalahan yang sedang di bahas. Masyarakat mendapatkan porsi yang sama dalam menuangkan argumen mereka. Keberagaman karateristik dari masing – masing penonton yang ikut serta dalam proses diskusi ini mampu mewakili keseimbangan ruang publik Habermas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.24/16 Kaw w
Uncontrolled Keywords: Ruang Publik Habermas, Media Massa, Televisi Lokal
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Finish Rimbi Kawindra, 0714140853001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorSuko Widodo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 14 Nov 2016 18:08
Last Modified: 12 Dec 2017 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item