KAJIAN PENYELENGGARAAN KEBIJAKAN INFORMASI PUBLIK (STUDI EVALUASI PROGRAM DISEMINASI INFORMASI DI DISHUBKOMINFO KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2012-2015)

Samsul Arifin, 071414853029 (2016) KAJIAN PENYELENGGARAAN KEBIJAKAN INFORMASI PUBLIK (STUDI EVALUASI PROGRAM DISEMINASI INFORMASI DI DISHUBKOMINFO KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2012-2015). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
TSK.27-16 Ari k.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang evaluasi program diseminasi informasi di dishubkominfo kabupaten Bangkalan dengan mengukur berhasil tidaknya program tersebut dengan melihat sikap masyarakat terhadap pesan yang disampaikan oleh pemerintah kabupaten Bangkalan melalui media diseminasi informasi yaitu, Billboard, Sosialisasi tatap muka, Radio, Website, Lensa Madura dan Pertunjukan rakyat (Pertura) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012 sampai sekarang, Diseminasi (Dissemination) adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi dengan menggunakan teori schramm yang menyatakan efektifitas diseminasi informasi jika (1). Pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh khalayak (2). Komunikan berperilaku sesuai dengan keinginan komunikator (3). Adanya kesesuaian antar komponen. dan teori sikap Menurut Alport menyatakan sikap sebagai predisposisi yang dipelajari (leaned predisposition) untuk berespons terhadap suatu objek atau kelas objek dalam suasana menyenangkan atau tidak menyenangkan secara konsisten. Yang diperkuat dengan konteks strategi komunikasi dan diseminasi informasi publik menurut Cees Leeuwis, dimana prinsip komunikasi adalah tercapai common interest, yakni bagaimana kepentingan pemerintah dan masyarakat „bertemu‟. Metode penelitian ini adalah metode evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dengan instrumen kuesioner yang diperkuat dengan data kualitatif dengan instrumen wawancara, dalam menginterpretasikan data statistik kuantitatif yang telah dihasilkan dari 100 responden, dengan kriteria khusus yaitu masyarakat yang pernah mengakses media diseminasi informasi pemerintah kabupaten Bangkalan. Hasil penelitian ini adalah masyarakat menilai bahwa pesan yang disampaikan dapat dimengerti dan dipahami akan tetapi pesan informasi tersebut tidak cukup sesuai dengan kebutuhan informasi yang didinginkan oleh masyarakat, sehingga pesan yang disampaikan melalui media diseminasi secara umum gagal mempersuasi masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan tujuan penyampaian pesan.hal ini disebabkan Dishubkominfo dalam perencanaan program tidak pernah melakukan analisis situasi sehingga tidak memiliki spesifikasi tujuan yang jelas dalam program kegiatannya. Dan tidak dapat menyususn strategi komuikasi secara sinergis untuk menghasilkan program yang efektif dan efisien.dan program kegiatan hanya berdasarkan pada pemenuhan pemakaian anggaran sesuai standar pelayanan minimum (SPM) yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.27/16 Ari k
Uncontrolled Keywords: Diseminasi informasi, sikap, strategi komunikasi diseminasi informasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 Geographic information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Samsul Arifin, 071414853029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHenry Subiakto, Prof. Dr., Drs., SH.,M.AUNSPECIFIED
ContributorSuko Widodo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 14 Nov 2016 18:32
Last Modified: 14 Nov 2016 18:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45700
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item