HUBUNGAN SANITASI FISIK RUANGAN DAN PERILAKU PENGASUH TERHADAP INSIDEN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT PADA BAYI DI TAMAN PENITIPAN ANAK WILAYAH SURABAYA TIMUR

ANGGI KUMALASARI, 101211133054 (2016) HUBUNGAN SANITASI FISIK RUANGAN DAN PERILAKU PENGASUH TERHADAP INSIDEN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT PADA BAYI DI TAMAN PENITIPAN ANAK WILAYAH SURABAYA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 251-16 Kum h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sanitasi fisik dan perilaku pengasuh dapat menjadi faktor risiko untuk kesehatan bayi di taman penitipan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan sanitasi fisik ruangan dan perilaku pengasuh terhadap insiden ISPA pada bayi di TPA wilayah Surabaya Timur. Penelitian ini merupakan penelitian observasional, dilakukan secara cross sectional dan bersifat analitik. Sampel penelitian yaitu tiap bayi yang menjadi peserta didik di delapan TPA wilayah Surabaya Timur yang terpilih menjadi kelompok (cluster) yaitu sebanyak 17 bayi. Sampel ditarik dari populasi dengan cluster random sampling. Variabel terikat dalam penelitian yaitu insiden ISPA pada bayi. Variabel bebas yaitu sanitasi fisik ruangan dan perilaku pengasuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara sanitasi fisik ruangan terhadap insiden ISPA pada bayi di TPA (Uji Chi-square, p value = 0,028) dengan koefisien Kontingensi sebesar 0,517. Sedangkan tidak terdapat hubungan antara perilaku pengasuh terhadap insiden ISPA pada bayi di TPA. Variabel sanitasi fisik ruangan memiliki pengaruh terhadap insiden ISPA pada bayi di TPA. Kemungkinan bayi yang berada pada TPA dengan sanitasi fisik ruangan tidak sehat akan mengalami ISPA 20 kali lebih besar dibandingkan dengan bayi yang berada pada TPA dengan sanitasi fisik ruangan sehat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel bebas yang berhubungan terhadap insiden ISPA pada bayi di TPA yaitu sanitasi fisik ruangan meliputi ruang bayi, lantai, dinding, langit-langit, jendela, luas ventilasi, pencahayaan alami, suhu dan kelembaban. Disarankan pengelola TPA senantiasa menjaga kesehatan fisik ruangan di TPA khususnya ruangan bayi sebagai upaya pencegahan penularan penyakit di TPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 251-16 Kum h
Uncontrolled Keywords: insiden ISPA pada bayi, perilaku pengasuh, sanitasi fisik ruangan, taman penitipan anak
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
ANGGI KUMALASARI, 101211133054UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSoedjajadi Keman, Prof. , dr.,M.S.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Nov 2016 16:17
Last Modified: 01 Mar 2018 00:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45718
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item