HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DAAlAM MASA PERSIAPAN PENSIUN OENGAN DlSIPLIN KERJA PADA PEGAWAI NEGERI SIPll PRA PENSIUN 01 lINGKUNGAN MAKODENMA LANTAMAl III SURABAYA

lifan Atria Musry Ulama, 079314010 (1999) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DAAlAM MASA PERSIAPAN PENSIUN OENGAN DlSIPLIN KERJA PADA PEGAWAI NEGERI SIPll PRA PENSIUN 01 lINGKUNGAN MAKODENMA LANTAMAl III SURABAYA. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
002-2000 UTA H.pdf

Download (331kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gmnb31'llll lrubungan yang signiftkan antara tingkat kecemasan dalam masa persiapan pensiun terhadap disiplin kerja pegawai negeri sipil pm pensiun. Variabel bebas pOOa penelitian ini tingkat kecemasan dalam masa persiapan pensiun, sedangkan disiplin kerja sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan di Iingkungan Makoderuna Lantamal ill Surabaya terhadap populasi kmyawan pegawai negen sipil yang memruruki masa persiapan pensiunnya untuk s9lu tabun mendatang (tabun 1999 hingga tabun 2000), khusUllnya pensiun dengan pangkat / golongan dibawah golongan ill sebanyak 50 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 45 orang dengan teknik pmposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner,. yaitu kuesioner tingleat kecemasan sebanyak 56 item, sedangkan kuesioner disiplin keIja sebanyak 25 item. Pembuatan kuesioner ini menggunakan altematif jawahan Sangat Sesuai, Sesuai, Tidak Sesuai, sanga! Tidak Sesuai. Untuk meqiaga konsistensi intemal alat ukur, dilakukan uji validitas item dan reliabilitas Hoyt Teknik yang di81makan adalah teknik statistik product moment untuk mengetabui hubungan antara variabel X dan Y. Analisis data menggunakan program SPS Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih untuk komputer IBMIIN edisi 1997. Hasil uji validitas item terhadap alat ukur tingkat kecemasan metllllliukkan 47 sahib, 9 item gngur. Sedangkan validitas alat ukur disiplin kerja menunjukkan 19 sabib, 6 item gngur. Uji reliabilitas alat ukur tingkat kecemasan menghasilkan reliabilitas sebesar 0,965 dengan P < 0,001. Sedangkan alat ukur disiplin kerja mengbasilkan reliabilitas sebesar 0,765 dengan P < O,OOL Hasil uji korelasi moment tangkar Pearson menunjukkan koefisien korelasi (I') sebesar 0,824 dengan koefisien determinant (r2) sebesar 0,678. Berdasarkan KUHP altematifpada P < 0,001, hal ini bermii bahwa "Ada lrubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dalam masa persiapan pensiun terhOOap disiplin keIja pegawai negeri sipil pm pensiun" pada tarafsigniftkansi 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 002-2000 Uta h ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: KECEMASAN OALAM MASA PERSIAPAN PENSIUN OENGAN OISIPlIN KERJA PAOA PEGAWAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
lifan Atria Musry Ulama, 079314010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTairas, DR. MMW., MA MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Nov 2016 18:56
Last Modified: 12 Dec 2017 00:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45737
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item