ANALISIS KARAKTERISTIK PEKERJA DAN SANITASI LINGKUNGAN FISIK DENGAN KELUHAN PERNAPASAN DAN STATUS FAAL PARU PEKERJA INDUSTRI KERUPUK BAWANG X DI KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI

SALSABILA AL FIRDAUSI, 101211133049 (2016) ANALISIS KARAKTERISTIK PEKERJA DAN SANITASI LINGKUNGAN FISIK DENGAN KELUHAN PERNAPASAN DAN STATUS FAAL PARU PEKERJA INDUSTRI KERUPUK BAWANG X DI KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
465. ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 260-16 Fir a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lingkungan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan status kesehatan seseorang. Sanitasi lingkungan fisik terkait dengan kondisi beberapa komponen terkait penyehatan lingkungan kerja, diantaranya kadar debu, suhu, kelembaban, cahaya, kondisi dinding, lantai, ventilasi, langit-langit, serta adanya cerobong pembakaran. Komponen tersebut apabila tidak dikendalikan dapat mempengaruhi kesehatan manusia di dalamnya. Industri Kerupuk Bawang X Kediri merupakan salah satu industri yang memiliki hazard fisik, yakni debu dan suhu. Hazard tersebut dapat menyebabkan keluhan pernapasan serta gangguan faal paru pekerja yang turut dipengaruhi oleh karakteristik pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pekerja dan sanitasi lingkungan fisik dengan keluhan pernapasan dan gangguan faal paru pekerja. Penelitian deskriptif ini menggunakan model cross sectional. Pengambilan data menggunakan lembar observasi, kuesioner wawancara, serta alat laboratorium, Pengukuran keluhan pernapasan menggunakan kuesioner wawancara, pengujian status faal paru menggunakan spirometri, kondisi lingkungan fisik dengan uji laboratorium dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja semuanya tidak menggunakan APD saat kerja, mayoritas pekerja tidak merokok, masa kerja rata-rata 2-3 tahun, 3 pekerja memiliki riwayat penyakit, status pendidikan rata-rata SD, status BMI ratarata normal, lama kerja sehari rata-rata 5 jam. Kondisi sanitasi lingkungan fisik industri kerupuk bawang X Kediri tergolong kurang baik, parameter yang tidak memenuhi syarat KMK 1405 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri adalah rata-rata kadar debu (43 μg/m3), suhu (31.46 oC), cahaya (73 lux), dinding kotor, lantai licin, atap kotor dan ketidaktersediaan langitlangit. Komponen yang memenuhi syarat adalah ventilasi serta keberadaan cerobong. Semua pekerja mengalami keluhan pernapasan, serta 2 orang pekerja mengalami gangguan faal paru restriksi. Kesimpulan penelitian ini karakteristik pekerja dan kondisi sanitasi lingkungan fisik yang kurang baik tidak memberikan hubungan yang kuat terhadap kondisi keluhan pernapasan serta kondisi faal paru pekerja, dikarenakan lama kerja kurang dari 5 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 260-16 Fir a
Uncontrolled Keywords: Sanitasi lingkungan fisik, karakteristik pekerja, keluhan pernapasan, status faal paru.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SALSABILA AL FIRDAUSI, 101211133049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Azizah, Dr. , S.H., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Nov 2016 18:21
Last Modified: 01 Mar 2018 01:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45742
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item