PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI PRODUKSI UNTUK MENlNGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PT. WIHARTA KARYA AGUNG GRESIK

MARIA ULFA, 049711466 E (2001) PENERAPAN AUDIT OPERASIONAL ATAS FUNGSI PRODUKSI UNTUK MENlNGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PT. WIHARTA KARYA AGUNG GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 04-02 ULF P.pdf

Download (329kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Audit operasional atas fungsi produksi perlu dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan agar kinerja yang tidak baik atau tidak sesuai dapat segera diketahui sebab-sebabnya serta bisa diambil tindakan yang diperlukan sehingga resiko produk cacat (afval product) dapat diminimalkan. Perusahaan· perlu melakukan audit operasional atas fungsi produksi dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja fungsi produksi. Melalui audit operasional akan diketahui bagaimana pelaksanaan standar proses produksi dan kinerja manajemen, sehingga bisa ditemukan kelemahan untuk diberikan rekomendasi atau saran perbaikan guna membantu meningkatkan efektifitas dan efisiensi. PT. Wiharta Karya Agung Gresik yang menjadi subyek penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam sektor indusri karung tenun plastik. Kriteria yang digunakan untuk menerapkan audit ope rasion al atas fungsi produksi meliputi: standar kerja proses produksi, pengorganisasian pada divisi produksi, volume produk cacat yang dihasilkan, perencanaan dan pengendalian biaya produksi serta layout mesin pabrik. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan studi kasus.Pendekatan studi kasus dipilih karena sesuai dengan konteks penelitian yang dilakukan. yaitu: penelitian difokuskan untuk menjawab pertanyaan "bagaimana" yang ada dalam rumusan masalah, peneliti tidak boleh mempengaruhi subyek penelitian dan penelitian difokuskan pada peristiwa kontemporer. Hasil penelitian audit operasional yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut: Pertama, Manajemen PT. Wiharta kurang mengawasi pekerja yang memindahkan anyaman (sheet) karena pemindahan anyaman yang tidak hati-hati bisa menyebabkan anyaman kotor atau rusak. Kedua. PT. Wiharta belum menempatkan mesin conversion line satu lokasi dengan mesin extruder tirex dan mesin circular loom. Akibat yang ditimbulkan dari keadaan tersebut adalah sebagai berikut, Pertama. penempatan mesin conversion line yang letaknya tidak satu lokasi dengan mesin extruder tirex dan circular loom menyebabkan anyaman atau sheet yang sudah jadi harus dipindahkan ke lokasi 2. pemindahan yang tidak hati-hati berakibat anyaman menjadi kotor atau rusak. Kedua, layout atau tata letak mesin circular loom tidak teratur dan mesin yang rusak tidak segera dipindahkan. ini menyulitkan pekerja karena ruang geraknya kurang luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 04-02 Ulf p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: AUDITING
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MARIA ULFA, 049711466 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHAMIDAH, Dra. . M.Si. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Nov 2016 20:16
Last Modified: 11 Dec 2017 23:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45750
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item