PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG DAUN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) DALAM RANSUM TERHADAP BERAT, GAMBARAN MAKROSKOPIS DAN HISTOPATOLOGI HEPAR PADA AYAM PEDAGING JANTAN

JAYA WULANDARl, 069512186 (2000) PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG DAUN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) DALAM RANSUM TERHADAP BERAT, GAMBARAN MAKROSKOPIS DAN HISTOPATOLOGI HEPAR PADA AYAM PEDAGING JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 31-02 WUL P.pdf

Download (607kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari sampai sejauh mana tepung daun ubi kayu yang mengandung asam sianida (HCL) dapat menimbulkan perubahan berat, gambaran makroskopis dan histopatologi hepar dalam penggunaannya melalui ransum. Hewan percobaan yang digunakan adalah ayam pedaging jantan strain CP 707 berumur satu hari sebanyak 30 ekor, yang diacak dan dibagi menjadi 5 perlakuan, masing-masing perlakuan terdiri dari 6 ekor ayam. Perlakuan 0 merupakan kontrol, perlakuan I, II, III dan IV merupakan perlakuan yang diberi tepung daun ubi kayu masing-masing 5 %, 10 %, 15 % dan 20 %. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan uji statistik Analisis of Varian yang dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur 5 % (BNJ 5 %) untuk berat hepar. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang nyata diantara perlakuan. Berat hepar normal terdapat pada kontrol dan perlakuan dengan menggunakan 5 % tepung daun ubi kayu dalam ransum. Sedangkan pada pemeriksaan makroskopis dan histopatologi data dianalisis dengan uji Kruskal Wallis yang dilanjutkan dengan uji Z 5%. Pada pemeriksaan makroskopis sebagian menunjukkan perubahan berupa bengkak, kekuningan dan bercak merah. Sedangkan pada gambaran histopatologi sebagian menunjukkan adanya perubahan berupa kongesti vena, perdarahan, infi1trasi sel radang dan degenerasi me]emak Dan diantara perlakuan, perubahan makroskopis dan histopatologi pa1ing ringan terdapat pada perlakuan dengan menggunakan tepung daun ubi kayu sebesar 5 % (P 1 ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 31/02 Wul p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
JAYA WULANDARl, 069512186UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusriningrum, Prof. Dr.Ir., R.S.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 15 Nov 2016 20:52
Last Modified: 11 Dec 2017 23:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45751
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item