Korelasi Antara Orientasi Locus of Control Internal Dengan lntensi Untuk Menjalani Pengobatan (Suatu Studi Pada Penderita Disfungsi Ereksi Yang Menjalani Pengobatan di On Clinic Surabaya)

Yohanes Kumia Wijaya, 119510080 (2000) Korelasi Antara Orientasi Locus of Control Internal Dengan lntensi Untuk Menjalani Pengobatan (Suatu Studi Pada Penderita Disfungsi Ereksi Yang Menjalani Pengobatan di On Clinic Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
007-A-00.Wij k.pdf

Download (566kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah semakin besar nilai orientasi internal locus ofcontrol yang dimiliki seorang penderita gangguan difimgsi ereksi maka semakin besar pula intensi untuk menjalani pengobatan. Hal ini dilatarbelakangi oleh kekbususan kondisi penderita disfWlgi ereksi yang serba rahasia dan tertutup. Kasus disflmgsi ereksi merupakan salah satu kasus yang sulit dikontrol karena gangguan int pada umumnya dianggap sebagai gangguan yang amat pribadi dan rahasia. Penelitian dilakukan pada seluruh pasien On Clinic Surabaya yang mengalami gangguan di,j'ungsi ereksi. Karakteristik subjek pada penelitian ini adalah laki-Iald yang sudah menikah dan berusia antara 33 hingga 75 tahun. Penyebaran kuesioner dilakukan selama 4 minggu dengan sistem pengisian dalam amplop tertutup. Metode pengumpulan data menggunakan 2 buah kuesioner, yaitu skala IPC Levenson dan kuesioner intensi untuk menjalani pengobatan. Uji validitas dan reliabilitas hanya dilakukan pada kuesioner intensi untuk menjalani pengobatan karena skala IPC dart Levenson adalah skala baku yang sudah tidak diragukan lagi validitas dan reliabitasnya. Nilai koefisien reliabiltas kuesioner intensi untuk menjalani pengobatan adalah sebesar 0,966 dengan peluang ralat p 0,000 sehingga kuesioner penelitian dapat dikategorikan andaL Teknik analisis data menggunakan Koefisien Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai rho sebesar 0,887 dengan p < 0,05 yang menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa semakin tinggi keeenderungan orientasi locus of control internal seorang penderita disfungsi ereksi maka semaldn besar pula intensinya untuk menjalani pengobatan diterima. Penelitian menunj ukkan perJunya sikap pro aktif dart On Clinic Surabaya dalam menangani pasien. Penelitian int dapat dijadikan dasar untuk mengubah pola penanganan pasien, terutama bagi pasien yang diperkirakan memiliki intensi yang rendah dalam menjalani pengobatan yang disarankan. On Clinic hendaknya memantau perkembangan kundisi pasien seeara lebih intensif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 007-A-00 Wij k
Uncontrolled Keywords: LOCUS OF CONTROL
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Yohanes Kumia Wijaya, 119510080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorE. M. Agus Subekti, Drs. , MKesUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Nov 2016 21:56
Last Modified: 15 Nov 2016 21:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45754
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item