SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL DENGAN TEPUNG lSI RUMEN DAN PENGARUHNYA PADA BERAT KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL ITIK MOJOSARI JANTAN (Anas platyrchinchos javanicus)

ANDRI BUDI SANTOSA, 069612348 (2001) SUBSTITUSI PAKAN KOMERSIAL DENGAN TEPUNG lSI RUMEN DAN PENGARUHNYA PADA BERAT KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL ITIK MOJOSARI JANTAN (Anas platyrchinchos javanicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 32-02 SAN S.pdf

Download (597kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tepung isi rumen yang difennentasi sebagai substitusi pakan komersial terhadap be rat karkas dan lemak abdominal pada itik Mojosari jantan. Sejumlah 24 ekor anak itik Mojosari jantan dari Kecamatan Mojosari digunakan dalam penelitian ini. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terbagi menjadi empat perlakuan dan enam ulangan. Ke empat perlakuan tersebut masing-masing adalah Po (] 00% pakan komersial) sebagai kontrol, PI (95% pakan komersial + 5% tepung isi rumen yang difennentasi), P2 (90% pakan komersial + 10% tepung isi rumen yang difennentasi) dan P3 (85% pakan komersial + 15% tepung isi rumen yang difennentasi). Pakan perlakuan diberikan setelah itik tersebut berwnur em pat minggu hingga berumur deJapan minggu. Pengumpulan data dilakukan pada akhir minggu ke delapan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji F dan bila menunjukkan perbedaan yang nyata maka analisis dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil dengan taraf signifikasi 5% untuk menentukan perlakuan mana yang terbaik. Hasi! peneiitian menunjukkan bahwa berbagai tingkat penggantian pakan komersial dengan tepung isi rumen yang difermentasi memberikan pengaruh yang tidak nyata terhadap be rat karkas dan persentase karkas (P<0,05 ), tetapi memberikan pengaruh yang nyata terhadap berat lemak abdominal pada itik Mojosari jantan pada masing-masing perlakuan (P>0,05).contribu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
ANDRI BUDI SANTOSA, 069612348UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMustahdi S., Prof Dr. , M.Sc., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 Nov 2016 00:20
Last Modified: 08 Dec 2017 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45795
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item