PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS RISET DAN PENGEMBANGAN PRODUK PERUSAHAAN DAN PENYAJIANNYA PADA LAPORAN KEUANGAN PT. "SP" SESUAI DENGAN PSAK NO. 19 (REVISllOOO)

HERU TRIANTO WIDODO, 040023296 E (2004) PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS RISET DAN PENGEMBANGAN PRODUK PERUSAHAAN DAN PENYAJIANNYA PADA LAPORAN KEUANGAN PT. "SP" SESUAI DENGAN PSAK NO. 19 (REVISllOOO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 13-05 Wid P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bcrdasarkan PSAK No. 19 (revisi 2000) mengenai aktiva tidak berwujud, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi perusahaan dalam perlakuan akuntansi khususnya yang berkaitan dengan riset dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang sistematis, faktual, dan aktual mengenai topik permasalahan yang dibahas. Penulis melakukan penelitian pada perusahaan yang bergerak dalam industri minuman, PT. "SP" di Sidoarjo. Dari hasil interpretasi penelitian yang dilakukan, dapat diambil simpulan bahwa pengakuan dan pengukuran yang diterapkan oleh perusahaan terhadap divisi riset dan pengembangan masih belum tepat karena divisi tersebut masih baru dan mengabaikan syarat-syarat yang ditetapkan oleh Standar Akuntansi Keuangan No. 19 (revisi 2000). Selanjutnya, penerapan atas Standar Akuntansi Keuangan menyebabkan penyesuaian-penyesuaian yang harus dibuat untuk penyajian informasi keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan dan wajar, karena pembebanan pengeluaran-pengeluaran atas riset dan pengembangan oleh perusahaan dibebankan pada laporan laba rugi pada tahun berjalan sebagaimana operasional normal perusahaan tanpa memperhatikan syarat-syarat pengakuan dan pengukuran untuk diakui sebagai beban atau aktiva tidak berwujud. Hal ini menyebabkan pelaporan atas laba tahun berjalan yang disajikan di laporan laba rugi terlalu rendah (understated).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 13-05 Wid P
Uncontrolled Keywords: ACCOUNTING TREATMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HERU TRIANTO WIDODO, 040023296 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWIDI HIDAYAT, Drs., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2016 02:50
Last Modified: 16 Nov 2016 02:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45811
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item