ANALISIS PENERAPAN TARGET COSTING MELALUI VALUE ENGINEERING PADA PERUSAHAAN DEVELOPER RUMAH YANG TIDAK MELAKUKAN PROSES PRODUKSI SENDIRI

MIFTAKHUL ROHMAN, 040419156 (2010) ANALISIS PENERAPAN TARGET COSTING MELALUI VALUE ENGINEERING PADA PERUSAHAAN DEVELOPER RUMAH YANG TIDAK MELAKUKAN PROSES PRODUKSI SENDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rohmanmift-15722-a31110-k.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4582.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT “X” adalah salah satu contoh perusahaan developer yang aktivitas pembangunan real estate-nya dilakukan oleh perusahaan subkonstruktor. Untuk tetap dapat menghadapi persaingan pasar, perusahaan perlu strategi yang tepat agar perusahaan dapat mencapai target laba yang diharapkan. Menurunnya profit margin yang diterima perusahaan, membuat perusahaan mulai berfokus pada pengurangan biaya (cost reduction). Target costing merupakan salah satu alternatif strategi perusahaan untuk menurunkan biaya yang dikeluarkan. Dalam menerapkan target costing, hal pertama yang dilakukan adalah mengadakan survei pasar untuk mengetahui tingkat harga dari pesaing yang menjual produk sejenis dengan kualitas dan functionality yang hampir sama yang diterima konsumen. Setelah itu berdasarkan target profit yang diinginkan perusahaan dapat menentukan target cost. Jika yang terjadi biaya aktual yang dikeluarkan oleh perusahaan melebihi target cost yang telah ditetapkan, maka perusahaan harus melakukan penghematan-penghematan agar dapat menurunkan biaya aktualnya sehingga dapat sesuai dengan target cost yang ditentukan. Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah value engineering. Dari perhitungan biaya aktual yang dilakukan, biaya aktual memiliki selisih sebesar Rp 22.836.684,00 lebih besar dibandingkan dengan perhitungan biaya targetnya. Untuk itu strategi value engineering perlu dilakukan agar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat mencapai biaya targetnya. Adapun value engineering yang dilakukan meliputi tiga strategi yaitu pemotongan biaya pameran, menekan biaya penanganan komplain konsumen, menekan biaya perawatan dan pengelolaan lingkungan proyek. Dengan diterapkannya value engineering ini biaya aktual yang dikeluarkan perusahaan turun dari Rp 109.732.725,00 menjadi Rp 82.455.951,25. Dengan penurunan ini, biaya aktual yang dikeluarkan perusahaan dapat mencapai biaya target yang ditetapkan. Penerapan target costing dan value engineering diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan laba yang dicapai sehingga perusahaan dapat berkembang dan mampu menghadapi persaingan pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 311 Roh a
Uncontrolled Keywords: TARGET COSTING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MIFTAKHUL ROHMAN, 040419156UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYUSTRIDA B.R, Dra., M.Si.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 04 Mar 2011 12:00
Last Modified: 11 Jul 2017 18:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4582
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item