PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA NONFINANSIAL UNTUK MENILAI KINERJA BAGIAN PRODUKSI (Studi kasus pada PT. YKK Fasco Indonesia)

WAHYU HAKIKI, 049715823 (2002) PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA NONFINANSIAL UNTUK MENILAI KINERJA BAGIAN PRODUKSI (Studi kasus pada PT. YKK Fasco Indonesia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 178-02 HAK P.pdf

Download (574kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Era globaslisasi yang sedemikian cepat telah membawa perusahaanperusahaan terutama dalam industri yang sejenis ke dalam suatu persaingan yang semakin meningkat. Perusahaan tidak saja mengbadapi pesaing dari domestik tetapi juga pesaing dari luar negeri. Untuk tetap dapat mempertabankan keunggulan -persaingannya, perusahaan barus unggul dalam hal biaya dan kualitas. Keunggulan dalam biaya dan kualitas hanya dapat dicapai dengan melaksanakan proses produksi yang efektif dan efisien, untuk dapat mencapai hal tersebut perusahaan harus memiliki sistem pengukuran kinerja dengan menggunakan indikator-indikator yang mampu menghasilkan informasi yang akurat tentang proses produksi yang dilakukan oleh perusahaan. 8elama ini banyak perusabaan manufaktur hanya menggunakan ukuran kinerja finansial saja untuk menilai aktivitas operasional atau produksi. Pengukuran kinerja finansial tidak mampu memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mendeteksi faktor penyebab ketidaketisienan dan ketidakefektifan yang terjadi. 8aat ini dibutuhkan suatu sistem pengukuran kinerja yang berhubungan dengan pengukuran fisik dan dapat mendukung tindakan perbaikan yang berkesinanbungan (continous improvemenO yang disebut pengukuran kinerja nonfinansial yang menggunakan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran aktivitas yang dilaksanakan yang terdiri dari efisiensi, kualitas dan waktu. PT YKK Fasco Indonesia adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi pita pelekat dengan tujuan ekspor. Karena pesaing yang dihadapi adalah pesaingpesaing dari luar negeri, maka sebaiknya PT YKK Fasco Indonesia menggunakan pengukuran kinerja nonfinansial pada bagian produksi yang dapat memberikan informasi atau umpan bal1k yang mendukung tindakan perbaikan secara teTUsmenerus untuk mempertahankan keunggulan persaingannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 178/02 Hak p
Uncontrolled Keywords: finance
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU HAKIKI, 049715823UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSRI ISWATI, Dra, Hj, Msi, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 16 Nov 2016 16:54
Last Modified: 05 Dec 2017 23:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45831
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item