IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT SEMEN INDONESIA PERSERO TBK (Studi Deskriptif mengenai Program Kemitraan PT Semen Indonesia Persero Tbk dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Ring I Kecamatan Kerek)

ANIS MUBASYIROH, 071211431012 (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT SEMEN INDONESIA PERSERO TBK (Studi Deskriptif mengenai Program Kemitraan PT Semen Indonesia Persero Tbk dalam Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Ring I Kecamatan Kerek). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI-ANIS MUBASYIROH-071211431012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Corporate Social Responsibility atau yang sering dikenal dengan Tanggungjawab Sosial Perusahaan adalah suatu komitmen bisnis yang berorientasi pada keuntungan ekonomi namun tidak mengenyampingkan kepeduliannya terhadap masyarakat dan lingkungan alam. PT Semen Indonesia Persero Tbk sebagai perusahaan berstatus BUMN melaksanakan CSR melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Substansi diadakannya Program Kemitraan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan bagian laba BUMN. Studi ini memfokuskan pada permasahan mengenai pengetahuan masyarakat terhadap program PKBL khususnya Pinjaman Modal Usaha, partisipasi masyarakat dalam program tersebut, dan bagaimana pengaruh Program Kemitraan berupa Pinjaman Modal Usaha dalam upaya untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat. Populasi penelitian ini difokuskan kepada masyarakat ring 1 Kecamatan Kerek yang menjadi mitra binaan PT Semen Indonesia Persero Tbk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel berupa sampel terpilih atau purposive sampling dan besaran sampel yang digunakan sesuai dengan rumus solvin dengan tingkat kesalahan sebesar 0.1. Pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara terstruktur berdasarkan pada kuesioner, selanjutnya data disajikan dalam bentuk tabel frekuensi yang kemudian dianalisis berdasarkan kerangka teori. Hasil penelitian mengenai Program Kemitraan PT Semen Indonesia ini menemukan bahwa: Pertama, pengetahuan masyarakat terhadap Program Kemitraan tergolong tinggi. Kedua, partisipasi masyarakat dalam Program Kemitraan (PK) tergolong sangat rendah, terutama dalam perencanaan dan evaluasi program. Sedangkan untuk pelaksanaan program tergolong tinggi. Ketiga, Program Kemitraan berupa Pinjaman Modal Usaha yang dilaksanakan PKBL PT Semen Indonesia Persero Tbk terbukti membantu dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 80/16 Mub i
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, kemandirian ekonomi, PT Semen Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ANIS MUBASYIROH, 071211431012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUTINA, DR.,DRA.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2016 16:50
Last Modified: 05 Dec 2017 23:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45832
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item