PENERAPAN PSAK NO. 46 DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENYUSUNAN REKONSILIASI LAPORAN KEUANGAN FISKAL-KOMERSIAL PADA PERUSAHAAN YANG JUMLAH KERUGIAN FISKALNYA TELAH DITETAPKAN OLEH FISKU:(STUDI KASUS PADA PT "X" DI SURABAYA)

NOVININGTYAS, 040023503 E (2002) PENERAPAN PSAK NO. 46 DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENYUSUNAN REKONSILIASI LAPORAN KEUANGAN FISKAL-KOMERSIAL PADA PERUSAHAAN YANG JUMLAH KERUGIAN FISKALNYA TELAH DITETAPKAN OLEH FISKU:(STUDI KASUS PADA PT "X" DI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 81-03 Nov p.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pajak Penghasilan merupakan salah satu unsur penting dalam Laporan Keuangan. Karena peraturan perpajakan dan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku 1DD.1DD. berbeda daIam banyak. ha1, mak.a diperlukan perlakuan akuntansi yang tepat terbadap Pajak. PengbasBan. Perlatuan yang 1idak tepat untuk Pajak. PcngbasiJan akan menimbuIkan masalab di kcmudian hari, terutama biIa Japoran keuangan keuangan perusahaan diperiksa oleh fiskus. Masalah yang terjadi bagi perusabaan sehubungan dengan pemeriksaan pajak. yang mengbasilkan korebi :fiskal positif diantaranya adaIah bertambahya jumlah pajak. yang terutang sebagai akibat bertambahnya pokok pajak yang harus dibayar disertai dengan sanbi adminis1rasi perpajakan dan perubahan jmnlah rugi fiskal yang dapat dikompcnusikan Sclama ini PPh perusahaan (Wajib Pajak. Badan) cbbitllng dari pcogbasiJan kcna pajak. setclah mcJakukan kotem fiska1 atas Jaba akuntansi karcna pcngaruh pcrbcdaan tetap dan pcrbcdaan temporcr. Bagi. perusahaan yang mcnderita rugi fiskaI, mak.a bcban Pajak. Pengbasilan diakui nihil. Hal ini dapat diartibn bahwa terbadap rugi fiskal tahlDl bcJjalan atau lisa kcrugian dari basil kompcnsasi akumulasi kcrugian fiskal pada pcriodc tahun-tahlDl scbc1wnnya daIam jangka waktu yang dipcttcrumkan olch pcraturan perpajakan, udak. diakui sebagai ak.tiva daIam ncrac& dan future tax effect atas rugi fiskal tcrsebut udak. diakui daIam daIam Japoran laba rugi. Pcmyataan Standar Alruntansi Keuangan (pSAK) Nomor 46 tentang Akuntansi Pajak PcngbasiJan yang dibcdakukan secara cfcldif pada tangga11 Januari 1999 bagi perusahaan pubHk dan tangga11 Januari 2001 bagi pcrusahaan nonpubHk; mcngbaruskan pcrusahaan lDltuk mempcrIakukan konsekucnsi perpajakan dari suatu transaksi sarna dc.ogan cara perlakuan akuntansi terbadap 1raDsaksi tcrsebut DaJam Akuntansi Pajak. Pcngh_lan harus dilakukan pcngakuan terbadap future tax effects dari sisa kompcnsasi kcrugian :fiskal yang bcl1DD. digunak.an (u1IJISed tax losses carryforward), apabiJa bcsar kcmungkjnan bahwa laba fiska1 yang dipcrolch pacta pcriode yang akan datang mcmadai untuk dikompcnsasi. Pcngakuan futuk tax effects diIak.ukan dc.ogan mengakui adanya ak.tiva pajak. tanguhan atau kcwajJban pajak. tanguhan yang harus disajikan tcrsendiri sebagai unsur non current PSAK Nomor 46 diterapkan secara retrospektif. Pcncrapan secara rct:rospcktifmcnghcndaki diJakukannya: a. Restatement (pcnyajian kcmbali) Japoran kcuangan tahunlpcriodc sebclumnya yang disajikan daJam Iaporan kcuangan komparatif. b. Adjustment terbadap woo awal retained earning untuk: efck kumuJaDf pcrubaban kcbijakan akuntmsi lDltuk pcriodc sebclumnya yang tidak disajikan daIam Japoran komparatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NOVININGTYAS, 040023503 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 16 Nov 2016 17:20
Last Modified: 05 Dec 2017 23:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item