FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNING RESPONSE COEFFEICIENT (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI)

LUSY LESTARI, 040610415 (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EARNING RESPONSE COEFFEICIENT (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-lestarilus-15727-a31510-k.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-lestarilus-13085-kkbkk2-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan menyajikan informasi yang berguna bagi para investor. Informasi tersebut akan direaksi oleh investor. Reaksi para investor ditunjukkan dengan adanya perubahan harga saham di pasar pada saat terjadinya peristiwa tertentu. Salah satu dari peristiwa tersebut adalah pengumuman laba tahunan. Informasi mengenai laba dipandang sebagai panduan umum investasi dalam pengambilan keputusan. Kekuatan informasi laba untuk mempengaruhi investor disebut dengan earning response coefficient (ERC). Faktor-faktor yang mempengaruhi ERC adalah persistensi laba, struktur modal, kesempatan bertumbuh, dan ukuran perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persistensi laba, struktur modal, kesempatan bertumbuh dan ukuran perusahaan mempengaruhi earning response coefficient. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling, yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2004-2008 dan saham biasanya aktif diperdagangkan. Jumlah perusahaan yang masuk kriteria ada 64 perusahaan selama 1 tahun, sehingga jumlah sampel 320. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial struktur modal, kesempatan bertumbuh, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap earning response coefficient. Sedangkan persistensi laba tidak berpengaruh signifikan signifikan terhadap earning response coefficient. Persistensi laba, struktur modal, kesempatan bertumbuh dan ukuran perusahaan secara bersamasama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap earning response coefficient

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.315 10 Les f
Uncontrolled Keywords: EARNING RESPONSE COEFICIENT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB522-715 Income. Factor shares
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
LUSY LESTARI, 040610415UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDian Agustia, Dr., SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 07 Mar 2011 12:00
Last Modified: 24 Oct 2016 21:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4585
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item