Perilaku Kesehatan di kalangan Transgender (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Perilaku Detection dan Prevention Dalam Teori Tindakan Sosial di Kota Surabaya)

SHINTA ANGGRAENI KUSUMA NINGRUM, 071211433033 (2016) Perilaku Kesehatan di kalangan Transgender (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Perilaku Detection dan Prevention Dalam Teori Tindakan Sosial di Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SHINTA ANGGRAENI KUSUMA NINGRUM - 071211433033 - SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku prevention dan detection merupakan perilaku kesehatan yang mencoba mencegah dari beberapa masalah kesehatan yang masuk. Dalam kasus Transgender, perilaku tersebut berkaitan dengan pencegahan Transgender untuk menghindari permasalahan PMS. Dari aspek tersebut penelitian ini mencoba melihat perilaku kesehatan Transgender dalam mencegah PMS. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif dengan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (in-depth interview) kepada informan yang diambil menggunakan teknik purposive. Analisis permasalahan dalam penelitian ini menggunakan dua teori, yaitu teori tindakan sosial Max Weber dan teori tindakan kesehetan Malinowsky. Dalam penelitian ini, upaya detection dan juga prevention yang dilakukan oleh Transgender sangatlah berbeda-beda. Bedasarkan hasil penelitian ini, upaya detection maupun prevention yang dilakukan oleh Transgender dapat dikategorikan dalam dimensi rasional maupun non rasional. Dalam upaya detection, tindakan yang dilakukan oleh Transgender dapat dilakukan sebagai rasional. Kondisi tersebut dikarenakan tindakan yang diambil oleh Transgender secara rasional sesuai dengan tujuan Transgender untuk menghindari PMS. Upaya untuk pencegahan, penularan, dan pengobatan pada penyakit tersebut. Ia mengatakan, tes ini tidak ada unsur pemaksaan karena siapapun baik itu waria, gay, lesbi yang ingin menjaga kesehatannya diperbolehkan mengikuti tes ini. Sedangkan untuk prevention uapaya yang dilakukan oleh Transgender sangatlah bervariasi, mulai dari dengan cara yang rasional berupa pemakaian alat kontrasepsi sampai pada batasan yang tidak rasional dengan cara berganti pasangan dan juga melakukan suntik hormon. Kesehatan reproduksi merupakan keadaan seksualitas yang sehat yang berhubungan dengan fungsi dan proses sistem reproduksi Kedua tindakan tersebut tidak di kategorikan sebagai rasional dikarenakan tujuan Transgender melakukan tersebut agar nyaman melakukan hubungan dengan pasanganya yang sangat beresiko terhadap PMS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 85/16 Nin p
Uncontrolled Keywords: Prevention, Detection, Transgender, dan PMS
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SHINTA ANGGRAENI KUSUMA NINGRUM, 071211433033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSepti Ariadi, DRS.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2016 17:31
Last Modified: 05 Dec 2017 23:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item