Analisis Psikografik Pengguna Intet'net

Oki Oktivianto, 119510094 (2001) Analisis Psikografik Pengguna Intet'net. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
012-A-2001.Okt a.pdf

Download (591kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses segmentasi pengguna internet Indonesia. Metode yang digunakan dalam proses segmentasi ini adaiah mctodc Psiko6'Tufik. Hal ini didasari karena be!um adanya studi internet yang mampu secara tepat membedah pasar pengguna internet " Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Sebelum kuisioner digunakan dalam peneiitian yang sesungguhnya, kuisioner dujicobakan terlebih dahu!u. Hasil item sahih dan andal kcmudian digunakan scbagai kuisioncr pcncIitian. Pcnc1itian ini dilakukan dengan metode penyebaran serta pengisian kuisioner secara online, dimana pengguna internet mendapat kuisioner melalui email. Sedangk:m dabm pengisiannya dapat langsung mengisi kuisIOner yang ada di email atau yang tersedia di situs pribadi peneliti. Penggunaan metode ini bertujuan agar responden yang mengisi adalah benar-benar pengguna internet yang mengetahui serta memahami ten tang internet. Responden yang terkumpul sebanyak 121 responden, dimana lOt orang menjawab kuisioner secara online dan 20 respondennya mela!ui email dimana 4 responden dinyatakan gugur akibat data yang rusak. Sehinggajumlah total responden penelitian adalah I t7 responden. Teknik statistik yang digunakan ada K-means Clusler. HasiJ dari analisa statistik tersebut menghasilkan cmpat cluster yang dibcri nama pesimis, peraih, reafistik, dan opt/mis. Keempat cluster tersebu1 memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya berdasarkan faktor pendapat terhadap internet, needlor power, need/i)r achievement, scrta needfilr at/iliation. Pesimis, memiliki karakteristik opini yang negatif terhadap internet, need/i)r pOlvcr, need /i.Jr achievement, serta need fbr affiliation yang rendah. Peraih, memiliki karakteristik opini yang positif terhadap internet, need fiH power, need few achievement, serta need/hr at/ilialion yang tinggi. Realistik, memiliki karakteristik npini yang negatif tcrhadap internet, needfhr power, serta needfbr atfilia/ion yang rendah, namun need fiJr achievement tinggi. Optimis, memiliki karakteristik opini yang positif terhadap internet, nccdfiJr power dan need/or achicFcmenl yang tinggi namun needfor affiliation yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 012/A/2001 ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: INTERNET
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Oki Oktivianto, 119510094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMARAYKE MW TAIRAS, DR.MA.,MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Nov 2016 19:33
Last Modified: 16 Nov 2016 19:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45899
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item