Studi Perbedaan Tingkat Prestasi Belajar Pelajaran Matematika pada Anak Kelas Lima Sekolah Dasar Mujabiddin yang Mengikuti Kunus Mental Aritmatika di ASMA dan Tidak Mengikuti Kursus Mental Aritmatika.

TINA ELLYA lKAVATIN, 119710192 (2002) Studi Perbedaan Tingkat Prestasi Belajar Pelajaran Matematika pada Anak Kelas Lima Sekolah Dasar Mujabiddin yang Mengikuti Kunus Mental Aritmatika di ASMA dan Tidak Mengikuti Kursus Mental Aritmatika. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
020-9-2002.Ika s.pdf

Download (580kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mempWlyai tujuan Wltuk: mengetahui perbedaan prestosi belajar pelajaran matematika siswa kelas lima sekolah dasar mujahiddin yang mengikuti kursus mental aritmatika di ASMA dan tidak mengikuti kursus mental aritmatika Metode mental aritmatika adalah suatu metode berhitWlg yang dilakukan dengan menggWlakan sempoa bayangan. Pengumpulan data dilakukan dengan Tes Prestasi yang mengukur pre stasi siswa pada pelajaran matematika. Tes Prestosi tersebut terdiri dari 35 soal materi pelajaran matematika kelas lima sekolah dasar cawu I dan II. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi level empat Yayasan Mental Aritmatika ASMA yang telah duduk di kelas lima pada satu sekolah dasar yang sarna, Dengan teknik pengambilan sarnpel purposive sampling diketabui bahwa Sekolah Dasar Mujahiddin yang berlokasi di Jalan Tanjung Perak Barat 275 Surabaya mempWlyai 13 siswa kelas lima yang mengikuti kursus di ASMA, Kemudian W1tuk mendapatkan kelompok pembanding, yaitu melihat nilai pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Matematika siswa yang tidak mengikuti kursus di ASMA dengan nilai-nilai setara siswa yang mengikuti kursus di ASMA Sehingga diperoleh 13 siswa daTi Sekolah Dasar Mujahiddin yang tidak mengikuti kursus di ASMA yang kemampuannya sebanding dengan 13 siswa Sekolah Dasar Mujahiddin yang mengikuti kursus di ASMA. Validitos dan Reliabilitas tes prestasi pelajamn matematika didasarkan dengan melihat indeks daya beda item dan indeks kesukaran item setelah dilakukan uji item dilapangan. Uji item dilakukan pada 30 siswa Sekolah Dasar Mujahiddin kelas SA. Yang akhimya diperoleh 35 soal tes prestasi pelajaran matematika. Anatisis data dilakukan dengan menggWlakan uji Mann-Whitney U. Pengolahan data dilakukan dengan program Ms.Exceli dari Ms. Office 2000. tetapi sebelum dianalisis, dilakukan pe-ranking-an terhadap nilai hasil tes prestasi, yaitu Wlruk mendapatkan Mean Rank dan Sum ofRanks yang sangat diperlukan dalam uji Mann-Whitney U. Hasil daTi penelitian ini dicocokkan dengan menggWlakan pedornan nilai Probabiliry ofError (P). Dengan perolehan nilai P = 0,042 yang berarti bahwa hipotesis allernative dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 020-9-2002 Ika s ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: ARITMATlKA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
TINA ELLYA lKAVATIN, 119710192UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMareyke M,W. Tairas, Dr, , MA. MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Nov 2016 20:08
Last Modified: 16 Nov 2016 20:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45906
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item