ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN DI KOTAMADYA SURABAYA DITINJAU DARI WAJIB PAJAK (TAHUN 1990-1999)

VERY RACHMAWAN, NIM. : 049615201 (2001) ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN DI KOTAMADYA SURABAYA DITINJAU DARI WAJIB PAJAK (TAHUN 1990-1999). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 27-01 RAC A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber Penerimaan negara yang berasal dari sektor pajak pada saat ini merupakan salah satu pilar utama penerimaan nasional. Karena bagaimanapun juga mengandalkan penerimaan dari hasil alam, seperti migas, secara empiris dan dalam jangka panjang telah teruji tidak dapat diandalkan disebabkan harganya yang rentan dengan fluktuasi situasi ekonomi dan politik nasional maupun politik internasional, serta sifat khusus komoditi tersebut yang tidak dapat diperbaharui. Sementara itu jika dengan mengandalkan dari pinjaman luar negeri untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan pembangunan nasional juga membawa dampak ekonomi dan ongkos sosial politik yang cukup serius, apalagi hutang luar negeri Indonesia yang semakin menumpuk tersebut tidak dapat diketahui kapan dapat dilunasi. Untuk dapat meningkatkan penerimaan dari sektor pajak, dapat kita tinjau dari beberapa factor. Salah satu faktor tersebut diantaranya adalah Wajib Pajak. Wajib pajak sebagai salah satu komponen yang penting didalam penerimaan Pajak Penghasilan mempunyai potensi yang sangat mendukung dan signifikan dalam peningkatan penerimaan pajak penghasilan setiap tahunnya. Kotamadya Surabaya yang memiliki jumlah penduduk terbesar diantara daerah-daerah lain di Jawa Timur merupakan sumber yang paling potensial di dalam peningkatan penerimaan Pajak Penghasilan. Sejauh mana pengaruh wajib pajak di Jawa Timur terhadap penerimaan pajak penghasilan dapat kita lihat dalam skripsi ini dimana beberapa faktor seperti Jumlah wajib pajak terdaftar, tingkat pendapatan perkapita, dan tingkat kepatuhan wajib pajak dapat mempengaruhi penerimaan pajak penghasilan di Kotamadya Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 27/ 01 RAC A
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ2326-2327 Progressive taxation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsEmail
VERY RACHMAWAN, NIM. : 049615201UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantR. Djohar Djaelani, Drs. Ec. H.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Nov 2016 20:05
Last Modified: 16 Nov 2016 20:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45908
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item