Hubungan Persepsi Tingkat Otoritas Orang Tua Dengan Kecenderungan Agresi Siswa SMPK Santo Yusup - Sidoarjo.

Lisa Gunawan, 119410038 (2002) Hubungan Persepsi Tingkat Otoritas Orang Tua Dengan Kecenderungan Agresi Siswa SMPK Santo Yusup - Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
029-A-02.Gun l.pdf

Download (568kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam peneIitian ini peneIiti mencoba untuk mengetahui hubungan antara persepsi tingkat otodtas orang tua dengan kecenderungan agresi siswa SMPK Santo Yusup-Sidoarjo, Tipe penelitian ini adaIah explanatory (penjelasan) dalam hal ini berupa studi hubungan. Penelitian dilakukan di SMPK Santo Yusup yang beralamat di jalan Brantas, peru mahan Wisma Tropodo Waru -Sidoarjo. Populasi berjumlah 265 orang, terdiri dad 8 kelas mulal dari kelas I sampai kelas III. Sampel penelitian mempunyai ciri-ciri: sedang menempuh pendidikan pada sekolah tersebut, berusia antara 13-/6 tahun, jenis kelamin laki-Iaki atau perempuan. Menggunakan tehnik cluster random sampling didapatkan kelas mc yang terdiri dad 30 siswa sebagai sampel penelitian. Sampel diminta untuk mengisi dua buah kuisioner. Kuisioner pertama mengukur persepsi tingkat otoritas orang tua sedangkan kuisioner kedua mengukur kecenderungan agresi. Kuisioner tersebut berbentuk skala Likert yang terdiri dad 4 pilihanjawaban yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sanga! tidak setuju. Persepsi tingkat otoritas orang tua dan kecenderungan agresi diukur dengan menggunakan dua buah kuisioner yang validitasnya dianalisis dengan menggunakan tehnik product-moment. Kuisioner persepsi tingkat otoritas terdiri dari 67 aitem setelah dianalisis menghasilkan 29 aitem yang valid dan 38 aitem yang gugur. Kuisioner kecenderungan agresi terdiri dari 74 aitem dan setelah dianalisis menghasilkan 53 aitem yang valid dan 21 aitem yang gugur. Reliabilitas kuisioner diukur menggunakan tehnik Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien r=0.9229 untuk kuisioner persepsi tingkat otoritas orang tua dan r=9588 untuk kuisioner kecenderungan agresi. r yang diperoleh mendekati I, hal ini menunjukkan bahwa kedua kuisioner itu anda!. Langkah selanjutnya adalah melakukan uji asumsi yang terdiri dari uji normalitas sebaran dan uji linieritas, karena semua asumsi telah terpenuhi maka dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tehnik korelasi product moment. Dari hasil uji hipotesis didapatkan korelasi sebesar -Q.l46 dan p=0.440, dengan berpatokan pada tabel waf signifikansi 5% maka hipotesis kerja ditolak dan hipotesis nihil diterima. In1 berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi tingkat otoritas orang tua dengan kecenderungan perilaku agresi pada siswa SMPK Santo Yusup -Sidoarjo dan dapat disimpulkan bahwa tinggi-rendahnya kecenderungan agresi siswa SMPK Santo Yusup-Sidoarjo tidak dipengaruhi oleh kuat atau lemahnya otoritas orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 029-A-02 Gun i ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: Hubungan Persepsi Tingkat Otoritas Orang Tua Dengan Kecenderungan Agresi Siswa SMPK Santo Yusup - Sidoarjo.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Lisa Gunawan, 119410038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM.M.W. Tairas, DR., MA,MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Nov 2016 20:18
Last Modified: 16 Nov 2016 20:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45914
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item