PENGARUH KARAKTERISTIK ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJER DAN KEPUASAN KERJA MANAJER UNIT USAHA (Studi K.aus Pade PT. Perkebunan Nusentara XII (Persero) Surabaya)

DIAN FITRI MADYARINI, 049822344 -E (2002) PENGARUH KARAKTERISTIK ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJER DAN KEPUASAN KERJA MANAJER UNIT USAHA (Studi K.aus Pade PT. Perkebunan Nusentara XII (Persero) Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK A 180-02 MAD P.pdf

Download (616kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anggaran mcrupakan salah salu mclode pcngcndalian manajcmen yang digunakan oleh manajemdn untuk meyakinkan pelaksanaan atas instruksi suatu operasi kepada bawahan berkaitan dengan suatu tujuan tertentu dan untuk menilai hasilnya di kemudian hari. Unsur perencanaan dan pengendalian seperti anggaran ini juga menunjukkan gaya operasi dan filosofi yang menciptakan akuntabilitas pengunaan sumber daya yang terdapat pada perusahaan. Anggaran sebagai alat perencanaan dan pengendalian telah menumbuhkan motivasi untuk meningkatkan kinetja manajer dalam menjalankan operasi perusahaan. Penilaian kinetja manajer ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan anggaran yang telah disusun. Kinerja manajer disini tidak terlepas dari bagaimana penyusunan anggaran dapat mencerminl<an komunikasi yaitu komunikasi mengenai suatu tujuan perusahaan dan rencana strategis perusahaan berkaitan dengan pengembangan perusahaan di masa yang akan datang. Atas dasar impiementasi komumkasi rencana dan tujuan perusahaan tersebut di atas maka suatl! penYl!sunan anggaran mempunyai pengaruh terhadap sikap, perilaku, kinerja serta kepuasan manajer-manajer yang menyusun anggaran. Oleh karena itu, untuk mengetahui pengaruh positif maupun negatif dari suatl! anggaran terhadap perilaku, sikap maupun kinerja manajer maka perlu untuk menelusuri gaya penyusunan dan pelaksanaan anggaran dalam pencapaian tujuan anggaran tersebut. Konsep penyusunan anggaran merupakan karakteristik anggaran yang terdiri dari partisipasi anggaran, kejelasan sasaran anggaran, umpan batik anggaran, tingkat kesulitan anggaran dan evaluasi anggaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah masing-masing variabel X dari penelitian ini yang terdiri dari partisipasi anggaran, kejelasan sasaran anggaran, umpan balik anggaran, tingkat kesulitan anggaran dan evaluasi anggaran berpengaruh secara bersama maupun secara parsial terhadap kinetja dan kepuasan kinerja manajer unit bisn

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 180/02 Mad p
Uncontrolled Keywords: budgeting, finance
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAN FITRI MADYARINI, 049822344 -EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantERINA SUDARYATI, Dra, Ms., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 16 Nov 2016 20:40
Last Modified: 04 Dec 2017 15:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45919
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item