AN-NIQAB PEREMPUAN MUSLIMAH (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Makna AN -Niqab Perempuan Muslimah Oleh Perempuan Muslimah Bercadar)

PRAMUDYA WIRAYANA, 0796tS3S3 (2003) AN-NIQAB PEREMPUAN MUSLIMAH (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Makna AN -Niqab Perempuan Muslimah Oleh Perempuan Muslimah Bercadar). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS S 27 04 Wid d.pdf

Download (508kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sesuatu menutupi wajah seorang Perempuan MusIimah sehingga dari perempuan itu yang tampak banyalah mata dan sesuatu sekitar kelopak matanya (mahajjir al-ainain). Tindakan menutup wajah ini dilakukan oIeh sebagian perempuan dari ummat Muslim. Sesuatu yang menutup wajah perempuan itu disebut an-Niqab atau Cadar. An-niqab perempuan muslimah memiliki eksistensi tersendiri yang membedakan dirinya dengan Perempuan Muslimah yang lain yang tidak menutup wajahnya An-niqab menjadi simboI dari individu atau komunitas masyarakat yang menggunakan an-niqab sebagai identitas individu atau komunitasnya itu. menutup wajah bukanIah tindakan yang didasari atas kesenangan untuk mengikuti trend mode berpakaian. melainkan merupakan tindakan yang memiIki tujuan den~m didasari oleh kesadaran subjektif yang bersumber dari penafsiran terhadap ajaran-ajaran keagaman -Islam. Penafsiran itu kemudian menyusun sistem pengetahuan dari kebaradaan an-niqab perempuan muslimah sebagai satu kesatuan wacana diskursif yang memiIiki bidang-bidang pengetahuan yang tidak terpisah antara satu dengan yang lain dan menjadikan an-niqab sebagi tanda yang bermakna. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap makna dari penandaan anNiqab Perempuan Muslimah sebagai permasalahan penelitian dalam paradigma Definisi Sosial yang berarti "tindakan penuh arti". Untuk itu digunakan teori sebagai perspektif ilmu yang berelasi epistemologis dan ontologis terhadap permasalahan makna an-niqab Perempuan Muslimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 27-04 Wir d
Uncontrolled Keywords: MUSLIM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1188-1295 Religious Ethics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
PRAMUDYA WIRAYANA, 0796tS3S3UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTutik Budi Rahayu, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 16 Nov 2016 20:57
Last Modified: 16 Nov 2016 20:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45920
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item