Studi perbedaan strategi belajar self regulated pada sekelompok siswa yang memiliki gaya kognitif dimensi field independent dan field dependent.

DEBBY QURNIASASI, 119610157 (2001) Studi perbedaan strategi belajar self regulated pada sekelompok siswa yang memiliki gaya kognitif dimensi field independent dan field dependent. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
030-A-01.qur p.pdf

Download (593kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pennasalahan ada tidaknya perbedaan strategi belajar self regulated pada sekompok siswa yang memiliki gaya kognitif dimensifield independent danfield dependent. Hipotesis kerja yang di ajukan adalah ada perbedaan strategi belajar self regulated pada sekelompok siswa yang memiliki gaya kognitiffield independent danfield dependent. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III 8MUN 05 8urabaya sebanyak 114 orang yang memiliki gaya kognitif dimendi field independet dan filed dependent yang diambil berdasarkan kategorisasi yang telah tetapkan. Dari 114 siswa kemudian diambil sampel dengan tehnik random sampling sebanyak 73 orang siswa dengan rincian 58 orang bergaya kognitif independent dan 15 orang bergaya kognitif dependent. Metode pengurnpulan data diperoleh dari kuisioner dan alat tes. Untuk variabel strategi belajar self regulated data diperoleh lewat kuisioner. Kuisioner disusun dalam bentuk skala likert dengan pilihan antara lain sangat setuju (88), sangat setuju (88), setuju (8), sangat tidak setuju (8T8). 8edangkan untuk variabel gaya kognitif data diperoleh dari hasil pelaksanaan tes menggunakan GEFT (Group Embedded Figure Test) dimana siswa diminta mencari bentuk sederhana didalam suatu gambar yang kompleks. Uji Validitas untuk kuisioner dan alat tes menggunakan analisis kesalahan butir (item analysis). 8edangkan uji reliabilitas keduanya memakai dengan tehnik Hoyt. Analisis data diperoleh dengan menggunakan analisis varians satu jalur. Dengan analisis varians satu jalur maka dilakukan dua uji yaitu uji -F (uji keseluruhan) dan uji-t (ujijoli atau uji pasangan). Hasil dari analisa data diketahui nilai F sebesar 0.192 dengan P sebesar 0.666 .Berdasarkan KUHP maka dinyatakan bahwa hasil uji perbedaan tidak signifikan. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan strategi belajar self regulated pada sekelompok siswa yang memiliki gaya kognitif dimensi field independent dan field dependent. Dengan demikian maka hipotesis kerja (Hk) ditolak dan hipotesis nihil (Ho) diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 030-A-01 Qur p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: SELF REGULATED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
DEBBY QURNIASASI, 119610157UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM.M.W Tairas, Dr. MA,MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Nov 2016 20:49
Last Modified: 16 Nov 2016 20:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45921
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item