PENERAPAN REGRESI LINIER BERGANDA DENGAN METODE STATISTIK CP MALLOWS (Studi pada Angka Harapan Hidup di Provinsi Jawa Timur Tahun 2014)

NUKE AMALIA, 101211132088 (2016) PENERAPAN REGRESI LINIER BERGANDA DENGAN METODE STATISTIK CP MALLOWS (Studi pada Angka Harapan Hidup di Provinsi Jawa Timur Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
564. ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 282-16 Ama p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis regresi linier berganda mempunyai banyak metode untuk mendapatkan model regresi. Metode best subset regression menggunakan nilai Cp mallows dalam penerapannya. Cp mallows adalah nilai statistik yang digunakan ketika model dengan beberapa jumlah parameter dibandingkan, sehingga dipilih nilai Cp yang dekat dengan parameter (p) karena menghasilkan bias yang kecil. Kriteria nilai R2 adj yang besar juga menjadi pertimbangan model yang terpilih. Penelitian menerapkan pada kasus angka harapan hidup (AHH) di provinsi Jawa Timur. Tujuannya adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi AHH di provinsi Jawa Timur pada tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan data sekunder tahun 2014 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Unit analisis dari penelitian ini adalah kabupaten/ kota yang ada di provinsi Jawa Timur sebanyak 38. Variabel dependen dalam penelitian adalah AHH dan variabel independen penelitian diantaranya angka kejadian diare, case notification rate (CNR) kasus TB, rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat (RT ber-PHBS), angka buta huruf (ABH) dan rasio dokter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi 3 variabel dengan kriteria nilai Cp adalah model terbaik, hal ini ditunjukkan dengan anova dan uji parsial yang signifikan (p<0,05). Faktor yang mempengaruhi AHH di provinsi Jawa Timur pada tahun 2014 adalah CNR kasus TB, RT ber-PHBS dan ABH. Model yang didapatkan adalah sebagai berikut: AHH = 73,2 - 0,0502 (CNR kasus TB) + 0,0460 (RT ber-PHBS)- 0,395 (ABH) Nilai Cp pada kombinasi yang terpilih adalah 5,6 dan koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 69%. Model regresi menunjukkan bahwa CNR kasus TB, RT ber-PHBS, dan ABH merupakan faktor yang mempengaruhi AHH. Faktor dominan yang mempengaruhi AHH di provinsi Jawa Timur adalah ABH, maka diharapkan adanya peningkatan pendidikan untuk masyarakat di provinsi Jawa Timur. Peningkatan pendidikan kesehatan akan meningkatkan derajat kesehatan di suatu daerah sehingga AHH juga dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 282-16 Ama p
Uncontrolled Keywords: Cp mallows, regresi linier berganda, Angka harapan hidup
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
NUKE AMALIA, 101211132088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMahmudah, Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Nov 2016 21:03
Last Modified: 01 Mar 2018 01:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45929
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item