POLA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (MIG RAN KEMBALI)

NURUL KHOTIMAH, 070018344 (2004) POLA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA KELUARGA TENAGA KERJA WANITA (MIG RAN KEMBALI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK Fis s 28 04 kho p.pdf

Download (567kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbicara mengenai TKW, ini tidak lepas dari tiga permasalahan utama, yakni migrasi internasional, hubungan perburuhan dan perubahan struktur di dalam keluarga. Berkembangnya aktivitas migrasi perempuan ke luar negeri pada gilirannya memberikan kesempatan bagi perempuan untuk memainkan peranan ekonomi maupun sosial budaya yang lebih luas. Bahkan tidak jarang akibat peran ekonomi yang dimainkan, perempuan seringkali mengambil alih tanggung jawab ekonomi keluarga. Di sini perempuan telah memiliki suami bahkan kekuasaan dalam pengambilan keputusan di dalam keluarganya. Penelitian ini mengangkat tiga permasalahan: Pertama: bagaimana pola pengambilan keputusan pada keluarga TKW?, Kedua: adakah korelasi antara besar penghasilan, besar tabungan, investasi, tingkat pendidikan TKW, dan tingkat pendidikan TKW dibanding suami dengan pola pengambilan keputusan dalam keluarga? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, teori gender, dan teori nurture. Penelitian ini mengambil lokasi di Kabupaten Tulugagung, dengan alasan Kabupaten Tulungagung merupakan daerah potensial pengirim TKI (termasuk di dalarnnya TKW) di wilayah Propinsi Jawa Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. dengan pertimbangan tidak dimungkinnya membuat kerangka sampling dengan heterogenitas populasi dan karakteristiknya, yaitu TKW yang sudah pulang kembali ke kampung halaman, dan sudah menikah. Jumlah responden adalah 100 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang terkait dengan teknik-teknik survai, dan tipe penelitian adalah eksplanasi, yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel besar penghasilan, besar saving/investasi, tingkat pendidikan, dan tingkat pendidikan TKW dibanding suami dengan pola pengambilan keputusan pada keluarga TKW, melalui pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang didukung dengan analisis kaulitatif dalam bentuk kutipan-kutipan langsung. Test statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah test statistik Chi ..Square dan Koefisien Kontingensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 28-04 Kho p
Uncontrolled Keywords: women employee; decision making
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
NURUL KHOTIMAH, 070018344UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIED-, -UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Nov 2016 00:05
Last Modified: 17 Nov 2016 00:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45930
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item