STUDI KONTAMINASI TANAH OLEH TELUR Toxocara sp. DI SEKITAR RUMAH PEMILIK ANJING ATAU KUCING SERTA HUBUNGANNYA DENGAN TOXOCARIOSIS PADA ANJING ATAU KUCING DI KOTA SUMBAYA

PLATIKA WIDIYANI, 060012732 (2004) STUDI KONTAMINASI TANAH OLEH TELUR Toxocara sp. DI SEKITAR RUMAH PEMILIK ANJING ATAU KUCING SERTA HUBUNGANNYA DENGAN TOXOCARIOSIS PADA ANJING ATAU KUCING DI KOTA SUMBAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 36.05 wid s.pdf

Download (541kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggunakan SO sampel tanah yang berasal dad sekitar rumah pemHik anjing atau kucing di lima wilayah kota Surabaya yaitu Surabaya Pusat. Surabaya Selatan, Surabaya Utara, Surabaya Barat serta Surabaya Timur dan 50 sarnpeJ fcses anjing atau kucing peHharaannya. Setiap wilayah diwakili 10 sampe! tanah dan feses, Bertujuan lilltuk mengetahui berapa besar pencemaran tanah oleh telur cacing Toxocara sp. dan prevalensi toxocariosis berdasarkan pemeriksaan fescs, scrta hubungan arttara kejadjan loxocariosis pada anjing atau kucing terhadap tanah disekitar rumah pemiliknya di lima witayah kota Surabaya, Jenis caeing tersebut bersifat soil transmitted helminths dan bersifat zoonosis, Metode apung dengan menggunakan sukrosa yang memiIiki berat jenls 1,2 dan pemeriksaan feses mel1ggunakan larutan gula jenuh, kemudian data yang diperoleh dihitung dengan rurnU$ prevalensi. selanjutnya diuji dengan chi ~ square dan analisis regresi dilakukal1 terhadap penelitian tanah, HasH penelitian menunjukkan tingkat kontaminasi tanah oleh tefur Toxocara sp. sebesar 30 %, dengan uj! chi -square pencemaran tanah oleh te-lur Toxocara sp. menunjukkan perbedaan yang nyata antara kelima wilayah di kota Surabaya (p<O,05). Prevalensi toxocariosis pada anjing dan kucing sebesar 10 %. Hasil tersebut tidak menunjukkan adanya perbedaan yang nyata al1tara kelima wilayah di kota Surabaya (p>O.05), Pada uji kore1asi regresi terdapat hubungan yang crat antMa kejadian loxocariosis pada anjing dan kucing terhadap tanah di sekitar rumah pemiliknya di lima wilayall di kota Surabaya (r == + 0,832)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsEmail
PLATIKA WIDIYANI, 060012732UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHalimah Puspitawati, M.Kes., drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 Nov 2016 22:07
Last Modified: 03 Dec 2017 23:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45939
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item