HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK ORANGTUA DAN AKTIVITAS FISIK ANAK DENGAN STATUS GIZI OVERWEIGHT DAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di SD NU 1 Trate Gresik)

VENI YULIA MELINDA, 101211132090 (2016) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK ORANGTUA DAN AKTIVITAS FISIK ANAK DENGAN STATUS GIZI OVERWEIGHT DAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di SD NU 1 Trate Gresik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
572. ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 286-16 Mel h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada zaman ini terjadi tren peningkatan kasus obesitas pada anak di negara negara maju maupun negara berkembang. Obesitas pada anak berisiko tinggi menjadi obesitas dimasa dewasa. Gizi lebih terjadi pada anak dipengaruhi langsung oleh orangtua dan aktivitas fisik anak dikarenakan Gaya hidup dan pola makan anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga terutama orangtua, bukan hanya itu zaman modern membuat banyak perubahan gaya hidup dan perkembangan teknologi yang membuat anak kurang melakukan aktivitas fisik saat bermain. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara karakteristik keluarga dan aktivitas fisik anak dengan status gizi overweight dan obesitas pada anak sekolah dasar di SD NU 1 Trate Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian observasional-analitik dengan pendekatan cross sectional. Kriteria sampel pada penelitian ini adalah siswi kelas III,IV, dan V. Jumlah sampel adalah 52 orang dan ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Pengambilan data menggunakan metode wawancara. Analisa data yang digunakan adalah menggunakan uji korelasi pearson yang berskala rasio untuk variabel pendapatan. Uji korelasi spearman digunakan jika data berdistribusi tidak normal dan berskala ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pendidikan ibu dengan status gizi lebih (p=0,031), tidak ada hubungan antara pendidikan ayah dengan status gizi lebih (p=0,087). Pendapatan orangtua (p=0,014) dan pengetahuan gizi ibu (p=0,000) berhubungan dengan status gizi lebih. Aktivitas fisik anak (p=0,003) juga berhubungan dengan status gizi lebih. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas fisik anak dan karakteristik orangtua yang meliputi pendidikan, pengetahuan ibu, dan pendapatan orangtua berhubungan dengan status gizi overweight dan obesitas. Oleh karena itu, orangtua disarankan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pencegahan kegemukan pada anak agar lebih bisa mengontrol konsumsi makan anak, selain itu orangtua dan pihak sekolah juga harus lebih meningkatkan aktivitas fisik anak di rumah maupun di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 286-16 Mel h
Uncontrolled Keywords: status gizi lebih, pendidikan, pengetahuan ibu, pendapatan orangtua, aktivitas fisik anak
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VENI YULIA MELINDA, 101211132090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMerryana Adriani, Dr. , S.KM.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Nov 2016 21:30
Last Modified: 01 Mar 2018 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45946
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item