PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS SEBAGAI ALAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI KENDALA DALAM RANGKA OPTIMASI PROSES PRODUKSI PADA PT TRIAS SENTOSA DI SIDOARJO

ITA RIANA, 049912852 E (2003) PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINTS SEBAGAI ALAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI KENDALA DALAM RANGKA OPTIMASI PROSES PRODUKSI PADA PT TRIAS SENTOSA DI SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 17-04.ria p.pdf

Download (926kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Aktivitas produksi merupakan aktivitas yang erat hubungannya dengan pengelolaan sumber daya. Pengelolaan sumber daya yang optimal membutuhkan perencanaan dan pengendalian proses produksi yang tepat dalam pelaksanaannya dan dapat mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi perusahaan serta sumber dayasumber daya yang dimiliki perusahaan. Theory of Constraints (TOC) merupakan alat yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kendala pada suatu proses produksi dan memberikan jalan untuk mengatasi kendala tersebut dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang berkendala untuk memaksimalkan throughput. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sedangkan lingkup pembahasan hanya ditujukan untuk mengidentifikasi kendala dalam rangka optimasi proses produksi pada PT. Trias Sentosa khususnya unit produksi Plain Film dan unit produksi Heatsealable Film. PT. Trias Sentosa adalah perusahaan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kertas kaca pengemas untuk kebutuhan sektor industri yang meliputi antara lain: industri rokok, percetakan, perusahaan laminasi, produsen bumbu penyedap makanan, perusahaan pelapis metal dan pita perekat serta industri makanan lainnya. Kendala yang dihadapi oleh PT. Trias Sentosa adalah ketidakmampuan badan usaha untuk memenuhi seluruh permintaan pasar. Hal ini disebabkan karena adanya keterbatasan sumber daya perusahaan yaitu kemampuan produksi pada mesin Thickness Gauge Control. Dengan memaksimalkan pemanfaatan mesin ini, didapatkan keputusan mengenai bauran produk optimal yang diproduksi yang menyatakan bahwa seharusnya PT. Trias Sentosa memproduksi Heatsealable Film sebanyak 7.500 unit dan Plain Film sebanyak 14.509 unit. Peningkatan throughput yang dapat dihasilkan dri bauran produk ini adalah sebesar Rp. 5.101.930.000,00. Peningkatan efisiensi dan kapasitas mesin pada proses produksi yang terkendala merupakan langkah yang dapat dilakuakan untuk mengatasi kendala yang ada. Alternatif-alternatif yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kualitas produk cacat dan melakukan usaha outsourching.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 17-04 Ria p
Uncontrolled Keywords: PRODUCTION PROCESS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ITA RIANA, 049912852 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMOH. NASIH, Drs., MT., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2016 22:08
Last Modified: 16 Nov 2016 22:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45956
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item