ANALISIS DIMENSI-DIMENSI STORE IMAGE YANG MEMPENGARUHI PILIHAN TOKO (STORE CHOICE) PADA PASAR SWALAYAN HERO PLAZA TUNJUNGAN SURABAYA

DIAN MAYA PURNAMA, 049514912 (2001) ANALISIS DIMENSI-DIMENSI STORE IMAGE YANG MEMPENGARUHI PILIHAN TOKO (STORE CHOICE) PADA PASAR SWALAYAN HERO PLAZA TUNJUNGAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 53-01 Pur a.pdf

Download (125kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi-dimensi store image yang mempengaruhi pemilihan toko pada Pasar Swalayan Hero Plaza Tunjungan Surabaya. Sesuai dengan judul penelitian, konsumen yang menjadi unit analisis adalah konsumen yang pernah me1akukan pembelian dan yang sedang melakukan pembelian di Pasar Swalayan Hero Plaza Tunjungan Surabaya. Penelitian ini dilakukan mengingat pentingnya peran image dari suatu toko dalam mempengaruhi konsumen untuk memilih tempat belanja. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Loudon dan Della Bitta (1993 :545), bahwa citra toko sangat mempengaruhi pilihan terhadap suatu toko dan daya tarik toko tersebut. Dimensi-dimensi store image yang digunakan diambil dari Loudon dan Della Bitta (1993:540), yaitu lokasi toko, desain toko dan fasilitas fisik, barang dagangan, iklan dan promosi penjualan, personnel, pelayanan (customer service), dan pelanggan (clientele) yang masing-masing dimensi tersebut memiliki indikator-indikator sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis indikator-indikator dari variabel-variabel tersebut dengan menggunakan teknik analisis faktor (factor analysis) untuk mengetahui apakah indikator-indikator tersebut akan membentuk faktor-faktor yang merupakan dimensi-dimensi store image seperti yang dikemukakan dalam teori.Model analisa yang digunakan sebagai kerangka pikiran dalam penelitian ini mengacu pada Model Store Choice oleh Assael (1995: 102). Perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis faktor mendapatkan bahwa indikator-indikator tersebut inengelompok dalam 5 dimensi store image yang mempengaruhi pilihan toko pada Pasar Swalayan Hero Plaza Tunjungan Surabaya. Dimensi-dimensi tersebut adalah barang dagangan, desain toko dan fasilitas fisik, personnel, iklan dan promosi penjualan, dan pelayanan (customer service). Diantara dimensi store image tersebut, dimensi barang dagangan memiliki kontribusi terbesar bagi pembentukan store image yang mempengaruhi pilihan toko pada Pasar Swalayan Hero Plaza Tunjungan Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 53/01 Pur a FULLTEXT TIDAK LENGKAP
Uncontrolled Keywords: BRAND IMAGE, MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
DIAN MAYA PURNAMA, 049514912UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDWI UTAMI, Dra., Ec., S., MSUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 16 Nov 2016 22:09
Last Modified: 03 Dec 2017 23:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45957
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item