HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN FENG SHUI DENGAN KECENDERUNGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI PADA ETNIS TIONG HOA

Atri Meiyani Sejati, 119610103 (2001) HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN FENG SHUI DENGAN KECENDERUNGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI PADA ETNIS TIONG HOA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
033-A-01.sej h.pdf

Download (579kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingkat kepercayaan Feng Shui sebagai variabel bebas merupakan penilaian subjektif, pengetahuan, dan keyakinan seseorang mengenai ilmu Cina Kuno tentang tata letak bangunan rumah tinggal berdasarkan harmonisasi dengan alam semesta dengan menyelaraskan aliran air dan angin yang mengarahkannya untuk bertindak sesuai Feng Shui, diukur melalui pemyataan-pernyataan yang menggunakan skala Likert dengan indikator kognitif, afektif, dan konasi. Diduga terdapat hubungan antara tingkat kepercayaan Feng Shui dengan kecenderungan pengambilan keputusan membeli rumah pada etnis Tiong Hoa. Kecenderungan pengambilan keputusan membeli sebagai variabel Y, merupakan kecenderungan seseorang dalam mengambil keputusan membeli rumah di perumahan Dharma Husada Mas. Pengambilan keputusan merupakan proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevalusi data atau lebih perilaku altematif, dan memilih salah satu diantaranya. Hasil dari proses pengintegrasian ini adalah suatu pilihan yang merupakan keputusan untuk terlibat dalam tindakan tertentu. Pengukuran kecenderungan pengambilan keputuan dilakukan dengan menggunakan pernyataan-pernyataan dengan indikator pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi altematif, dan keputusan pembelian. Hasil uji validitas dengan menggunakan teknik korelasi produk moment, menyatakan dari 66 butir pemyataan yang mengukur variabel bebas terdapat 2 butir gugur. Sedangkan untuk butir variabel Y terdapat 15 butir gugur dari 64 butir pernyataan.Uji reliabelitas dengan menggunakan teknik Hoyt satu kali pengambilan, menyatakan bahwa butir -butir kedua variabel tersebut andal dengan nilai p < 0,00l. Uji analisis statistik menggunakan teknik korelasi Kendal Tau, dilakukan dengan Seri Program Statistik Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih edisi tahun 1998 menggambarkan bahwa terdapat korelasi yang rendah antara keduanya, yaitu 0,227 dengan peluang galat < 0,00l.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 033-A-01 Sej h ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN FENG SHUI DENGAN KECENDERUNGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI PADA ETNIS TIONG HOA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Atri Meiyani Sejati, 119610103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDewi R. Suminar, Dra. MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Nov 2016 22:55
Last Modified: 16 Nov 2016 22:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45963
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item