ANGGARAN FLEKSIBEL SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PADA PT. SEMEN GRESIK (PERSERO), Tbk

SHANTI INDRI HAPSARI, 049812102 E (2004) ANGGARAN FLEKSIBEL SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PADA PT. SEMEN GRESIK (PERSERO), Tbk. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 18-05 Hap a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendekatan konvensional dalam penyusunan anggaran statis yang selama ini banyak diterapkan perusahaan kurang akurat dan tidak mampu membantu manajemen dalam merencanakan dan mengendalikan biaya sebagai contoh adalah kasus yang terjadi pada PT. Semen Gresik. PT. Semen Gresik telah menerapkan pendekatan konvensional dalam penyusunan anggaran statis, dimana semua biaya yang terjadi pada tingkat kapasitas normal. Padahal tidak setiap tahun kapasitas semen yang diproduksi sesuai dengan kapasitas normal. Untuk itulah diperkenankan pendekatan baru dalam penyusunan anggaran statis menjadi anggaran fleksibe1. Anggaran fleksibel ini disusun untuk berbagai tingkat kapasitas semen yang diproduksL Pada PT. Semen Gresik terdapat biaya yang termasuk dalam biaya penelitian dan pengembangan yang merupakan biaya semi variabel. Biaya ini harus dipisahkan terlebih dahulu menjadi biaya tetap dan variabel. Kemudian disusunlah anggaran fleksibel berdasarkan kapasitas produksi yang mendekati anggaran dan realisasinya. Pada akhir periode, realisasi dibandingkan dengan anggaran untuk melihat sejauh mana rencana yang telah ditetapkan sebelumnya telah tercapai serta sebagai suatu tindakan pengendalian dan evaluasi kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 18-05 Hap a
Uncontrolled Keywords: BUDGET PLANNING; COST CONTROL
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SHANTI INDRI HAPSARI, 049812102 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBASUKI, Drs., M.Com., (Hons)., Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 16 Nov 2016 22:50
Last Modified: 16 Nov 2016 22:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45978
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item