Potensi Tepung Jahe, Kunyit, dan Temulawak sebagai Pakan Tambahan terhadap Persentase Karkas dan Persentase Lemak Abdominal pada Ayam Pedaging Jantan

ENY WIDAYATI, 069812589 (2003) Potensi Tepung Jahe, Kunyit, dan Temulawak sebagai Pakan Tambahan terhadap Persentase Karkas dan Persentase Lemak Abdominal pada Ayam Pedaging Jantan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 37.05 wid P.pdf

Download (536kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tepung jahe, kunyit dan temulawak sebagai pakan tambahan terhadap persentase karkas dan persentase lemak abdominal pada ayam pedaging jantan. Hewan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam pedaging jantan Arbor Aeres CP 707 umur 5 minggu. Rancangan percobaan yang dipakai adalah Rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan dan tujuh ulangan, apabila terdapat perbedaan yang nyata kemudian dilanjutkan dengan Uji BNJ 5 %. Pemberaian pakan pada fase starter menggunakan pakan BR-I. Sedangkan pada fase finisher diberikan perlakuan sebagai berikut : (P6) sebagai kontrol tanpa diberi tambhan tepung jahe kunyit dan temulawak (P1) ransum ditambah 2,5% tepung jahe. (P2) ransum ditambah 2,5 % tepung kunyit. (P3) ransum ditambah 2,5% tepung temulawak. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pemberian pakan tambahan tepung jahe, kunyit dan temulawak berpengaruh nyata (p < 0,5) terhadap peningkatan persentase karkas, tetapi tidak berpengaruh nyata (p > 0,05)terhadap persentase lemak abdominal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF409 Small animal culture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
ENY WIDAYATI, 069812589UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusriningrum R., Prof., Dr., M.S., Ir.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 Nov 2016 23:03
Last Modified: 03 Dec 2017 22:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45983
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item