PENGARUH ASPEK-ASPEK BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III SURABAYA

LILA ADITYA PERDANA, 049811977/E (2003) PENGARUH ASPEK-ASPEK BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 53-03 Per p.pdf

Download (148kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT (PERSERO) Pelabuhan Indonesia III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang usaha peIayanan jasa kepelabuhanan. Sejalan dengan perkembangan bisnis kepelabuhanan dan sesuai dengan visi perusahaan yaitu memberikan mutu pelayanan terbaik dengan standar internasionaI dan sebagai pelabuhan keIas dunia, maka perusahaan dituntut untuk memiIiki suatu budaya yang mantap dan stabi!. Suatu organisasi yang menyadari bahwa sumberdaya manusia sebagai sumberdaya yang penting bagi suatu organisasi, harus tanggap terhadap kecocokan atau ketidakcocokan karyawan terhadap budaya organisasinya sehingga sangat berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Budaya perusahaan yang baik akan menciptakan kepuasan kerja sehingga para karyawan dapat melakukan tugas dengan baik dan bertanggungjawab terhadap pekerjaannya, akan berdampak pada absensi menurun, kineIja karyawan meningkat, dan tidak ada keterlambatan keIja serta waktu luang yang sia-sia sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh aspek-aspek budaya perusahaan yang terdiri dari norma perusahaan, nilai dominan yang dianut, filosofi, peraturan, serta iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan PT (PERSERO) Pelabuhan Indonesia III Surabaya. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu dengan menitik beratkan pada pengujian hipotesis, data yang terukur dan menghasilkan kebenaran hipotesis, sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam peneIitian ini adalah Regresi Linier Berganda dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji F dan uji 1. Uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama, sedangkan uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh secara parsial masing-masing variabel bebas terhadap variabeI terikat sehingga dapat diketahui variabel bebas yang pengaruhnya dominan terhadap variabel terikat. Data hasil penelitian mengenai pengaruh variabel budaya perusahaan yang terdiri dari Norms, Dominant Values, Philosophy, Rules, Organizational Climate semuanya secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan keIja karyawan dengan hasil Fhitung sebesar (38,112) > F label sebesar (2,3861). Semua variabel budaya perusahaan masing-masing memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan kerja, terbukti dari niIai t-hitung dari Norms, Dominant Values, Philosophy, Rules, Organizational Climate, masing-masing adalah (2,248), (2,807), (2,165), (2,074), (2,712) lebih besar dari nilai t-tabel (2,00049). Diantara kelima variabel bebas tersebut, variabel Organizational Climate merupakan yang dominan karena t-hitungnya paling besar diantara variabel yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 53/03 Per p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION, KINERJA, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
LILA ADITYA PERDANA, 049811977/EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnis Eliyana, Dra. Ec., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 16 Nov 2016 23:16
Last Modified: 16 Nov 2016 23:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45988
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item