PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI KARYAWAN DALAM PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN KELOMPOK TERHADAP KOMITMEN PADA KELOMPOK DALAM ORGANISASI ( Studt pada Departemen Utilitas di lingkungan Hidup PT. PAL INDONESIA (PERSERO) Sarabaya)

AGUSTANTY ROMADRONA, 119610121 (2002) PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI KARYAWAN DALAM PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN KELOMPOK TERHADAP KOMITMEN PADA KELOMPOK DALAM ORGANISASI ( Studt pada Departemen Utilitas di lingkungan Hidup PT. PAL INDONESIA (PERSERO) Sarabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
035-A-02.rom p.pdf

Download (612kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Partisipatif dalam manajemen dapat diartikan sebagai suatu proses melibatkan bawahan atau karyawan dalam proses pembuatan keputusan. Hal ini menekankan pada keterlibatan aktif dari karyawan, dimana mereka dituntut untuk menggunakan keahlian dan kreatifitasnya dalam memecahkan masalah-masalah manajeriaL Ada pemyataan yang menyebutkan bahwa saat ini strategi dan visi dari perusahaan tidak hanya menjadi milik pemegang kek:uasaan, melainkan milik semua orang. Untuk mencapai kesuksesan sebuah strategi dalam pengambilan keputusan, periu adanya pemabaman akan vlsi dan komitmen organisasi, serta partisipasi dalam proses perencanaan dan pelaksanaan proses pembuatan keputusan tersebut. Adanya keikutsertaan anggota organisasi tidak mengurangi tanggung jawab seorang pemimpin, bahkan mungkin akan mempennudah proses pengambilan keputusan. Hal inilah yang mendasari penulis ingin mengungkapkan lebih jauh tentang sejauhmana pengaruh tingleat partisipasi karyawan dalam proses pengmnbilan keputusan kelompok tedIadap tingkat komitmen kelompok dalam organisasi. Keterlibatan dalam proses pembuatan keputusan kelompok, akan muncul sense ofbelonging terbadap basil keputusan sebingga implementasi terbadap basil keputusanpun akan beIjalan lancar. Keikutsertaan dalam proses pembuatan keputusan yang ikut mempengaruhi keIja mereka juga dapat menciptakan suatu kesan babwa apa yang mereka lakukan adalah berarti bagi perusahaan. Hal ini akan menimbulkan suatu kesan positif mereka terbadap perusahaan. Jika kesan positif ini sudah ada dalam diri mereka maka dengan sendirinya akan muncuI komitmen mereka tedIadap organisasi yang ditandai dengan adanya identifikasi terbadap nilai-nilai yang diterapkan perusahaan, sikap loyal terhadar perusahaan dan mereka akan berusaha semaksimal mungkin demi tercapainya sasaran perusahaan. Subyek dalam penelitian ini adalah beIjumlah 79 karyawan pada bagian pelaksana Departemen Utilitas dan Lingkungan Hidup PT. PAL INDONESIA (PERSERO). Berdasarkan basil analisis data menggunakan SPS dengan program anareg dimana korelasi yang teIjadi F=24,916 dengan p=O,OOO, maka bipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif antara tingkat partisipasi karyawan dalam proses pembuatan keputusan terhadap komitmen kelompok dalam organisasi diterima. Koefisien detenninasi ~=o,324, berarti variabel tingkat partisipasi karyawan dalam proses pembuatan keputusan menyumbang sejumlah 32,4% terhadap tingkat komitmen kelompok dalam organisasi. Didukung dengan bubungan antara prediktor dan kriterium yang positif dapat diartikan bahwa semakin tinggi tingkat partisipasi kmyawan dalam proses pembuatan keputusan maka akan semakin tinggi tingkat kornitmen kelompok dalam organisasi (r=O,569) dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 035-A-02 Rom p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI KARYAWAN DALAM PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN KELOMPOK TERHADAP KOMITMEN PADA KELOMPOK DALAM ORGANISASI ( Studt pada Departemen Utilitas di lingkungan Hidup PT. PAL INDONESIA (PERSERO) Sarabaya)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
AGUSTANTY ROMADRONA, 119610121UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorCHOLICHUL HADI, Drs.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:49
Last Modified: 17 Nov 2016 02:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46016
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item