HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU KONSUMSI JAJANAN SEHAT DI MI SULAIMANIYAH MOJOAGUNG JOMBANG

MUKHAMMAD AMINUDIN BAGUS FEBRIYANTO, 101211133077 (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU KONSUMSI JAJANAN SEHAT DI MI SULAIMANIYAH MOJOAGUNG JOMBANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
FKM. 290-16 Feb h.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keamanan pangan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya perhatian terhadap hal ini, telah sering mengakibatkan terjadinya dampak berupa penurunan kesehatan konsumennya. Perilaku pemilihan makanan dipengaruhi oleh pengetahuan gizi, sikap, serta perilaku yang terkait. Apabila pengetahuan, sikap dan tindakan masih kurang memadai, maka pemilihan makanan jajanan menjadi kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku mengkonsumsi jajanan sehat sehat di MI Sulaimaniyah Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai siswa kelas 5 di sekolah MI Sulaimaniyah Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang yang berjumlah 86 anak dengan besar sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji korelasi spearmen dan cara pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan variabel yang diteliti yaitu pengetahuan siswa tentang jajanan sehat, sikap siswa mengenai perilaku mengkonsumsi jajanan sehat serta perilaku siswa mengkonsumsi jajanan sehat. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dan sikap responden dengan perilaku pemilihan jajanan sehat di MI makanan Sulaimaniyah Jombang Tahun 2016 terbukti dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Sebagian besar siswa menunjukkan hasil yang baik pada masing-masing kategori mulai dari pengetahuan, sikap dan perilaku. Pihak sekolah sebaiknya bekerja sama dengan puskesmas atau dinas kesehatan setempat untuk memberikan penyuluhan, pembinaan, serta pengawasan kepada para penjual jajanan di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 290-16 Feb h
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, sikap, perilaku memilih jajanan, MI Sulaimaniyah Jombang
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BD Speculative Philosophy > BD143-236 Epistemology, Theory of Knowledge
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MUKHAMMAD AMINUDIN BAGUS FEBRIYANTO, 101211133077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Rahayu Nadhiroh, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Nov 2016 16:12
Last Modified: 27 Mar 2018 00:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46023
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item