PENGGUNAAN MODEL OPERATIONAL INFORMATION SYSTEM UNTUK MEMBANTU INSTITUSI PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SISTEM PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS (STUDI KASUS PADA FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA)

FITRI YANUARTANTRI, 040013356 E (2004) PENGGUNAAN MODEL OPERATIONAL INFORMATION SYSTEM UNTUK MEMBANTU INSTITUSI PENDIDIKAN DALAM MENCIPTAKAN SISTEM PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS (STUDI KASUS PADA FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 19-05 Yan p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman tingkat persaingan di dunia kerja juga semakin meningkat. Universitas sebagai salah satu organisasi di bidang pendidikan dituntut untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu mengatasi berbagai masalah yang akan dihadapi. Ada banyak cara untuk menciptakan lulusan yang berkualitas, salah satu diantaranya adalah menciptakan sistem pendidikan yang baik yang mampu mengatasi berbagai masalah yang timbul di lingkungan akademik. Dengan memiliki sistem pendidikan yang berkualitas, diharapkan mampu menghasilkan informasi-informasi yang akurat untuk proses pengambilan keputusan. Informasi yang akurat ini akan sangat membantu organisasi dalam mencapai tujuan organisasi yaitu menciptakan lulusan yang berkualitas. Untuk dapat mencapai keunggulan bersaing, pihak Fakultas harus terus berupaya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kelebihan dan kelemahan yang dimiliki. Informasi yang dicari bukan hanya dari pihak intern, tetapi juga pihak ekstern. Hal ini dilakukan agar pihak Fakultas dapat menilai dirinya sendiri melalui pandangan pihak intern dan pihak ekstern. Jika kelebihan dan kelemahan telah diketahui, maka dapat dicari suatu cara agar organisasi dapat memenangkan keunggulan bersaing. Yang dimaksud dengan keunggulan bersaing adalah menciptakan lulusan yang berkualitas yang mampu memenuhi kebutuhan users (pemberi kerja). Operational information system merupakan model sistem informasi yang dapat digunakan untuk menciptakan lulusan yang berkualitas. Sebab, operational information system mengumpulkan data (input) yang berasal dari pihak intern (organisasi) dan pihak ekstern (luar organisasi). Selanjutnya input ini akan diolah sehingga menghasilkan berbagai sumber informasi yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A 19-05 Yan p
Uncontrolled Keywords: Lulusan yang berkualitas, sistem pendidikan, operational information system
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC65-67.68 Economic aspects of education
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
FITRI YANUARTANTRI, 040013356 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDEBBY RATNA DANIEL, Dr., SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Nov 2016 16:47
Last Modified: 17 Nov 2016 16:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46036
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item