Strategi Gerakan Lingkar Ganja Nusantara Dalam Memperjuangkan Legalisasi Ganja di Indonesia

Mohammad Darry Abbiyyu, 071211333004 (2016) Strategi Gerakan Lingkar Ganja Nusantara Dalam Memperjuangkan Legalisasi Ganja di Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI MOHAMMAD DARRY (071211333004).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi gerakan yang dilakukan oleh Lingkar Ganja Nusantara dalam memperjuangkan legalisasi ganja di Indonesia. Penting memang karena organisasi ini dapat dikatakan antimainstream, sebab ganja yang merupakan sebuah tanaman illegal menurut UU Narkotika No. 35 Tahun 2009 serta dikampanyekan oleh pemerintah maupun kelompok diluar masyarakat tidak mempunyai manfaat justru organisasi ini hadir untuk memberikan sebuah pengertian bahwa tanaman ganja memiliki manfaat seperti halnya tanaman yang lain dan pelarangan tanaman ganja serta dianggap tidak memiliki manfaat adalah salah. Penggunaan metode penelitian kualitatif dipilih dalam penyusunan penelitian ini. Sebab metode ini dipilih karena mampu menjawab rumusan masalah mengenai strategi gerakan yang dijalankan oleh Lingkar Ganja Nusantara dalam memperjuangkan legalisasi ganja di Indonesia. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan data wawancara, naskah akademik, dokumen, artikel media massa baik cetak maupun elektronik serta media sosial. Dalam memperjuangkan legalisasi ganja di Indonesia strategi gerakan yang dilakukan oleh LGN adalah strategi advokasi, yakni melakukan perlawanan guna mengubah kebijakan mengenai tanaman ganja pada UU Narkotika No. 35 Tahun 2009. Pertama, LGN sebagai keseriusannya memilih melakukan legalisasi ganja di bidang medis dengan mendirikan Yayasan Sativa Nusantara (YSN) yang melakukan kegiatan riset mendalam mengenai manfaat ganja di bidang medis disamping itu juga melakukan fungsi edukasi dengan penyusunan buku yang berjudul Hikayat Ganja Nusantara yang berbicara mengenai tanaman ganja. Kedua, LGN juga mengkonsentrasikan taktik perjuangannya pada News (Penulisan berita seputar tanaman ganja dan hal-hal yang terkait) dan Movement (Membentuk Cannabis Friend, sebagi sebuah gerakan untuk memberikan pengertian pada masyarakat bahwa ganja sebagai ciptaan Tuhan juga memiliki hak hidup. Pengenalan ini dilakukan dengan cara yang positif seperti melalui unsur-unsur kesenian dan kebudayaan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 33/16 Abb s
Uncontrolled Keywords: Lingkar Ganja Nusantara, Yayasan Sativa Nusantara, Legalisasi Ganja, Tanaman Ganja, Undang-Undang, Narkotika, Strategi Advokasi
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Mohammad Darry Abbiyyu, 071211333004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDKacung Marijan., Prof. .Drs., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2016 16:56
Last Modified: 17 Nov 2016 16:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46045
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item