HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PRALANSIA PENDERITA DIABETES MELLITUS (Studi di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik Tahun 2016)

RIZQI AMALIYAH, 101211131016 (2016) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PRALANSIA PENDERITA DIABETES MELLITUS (Studi di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik Tahun 2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
635. ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 298-16 Ama h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Data epidemiologi World Health Organization (WHO) memperkirakan lebih dari 346 juta orang di dunia mengidap diabetes mellitus, dan jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat menjadi dua kali lipat pada tahun 2030 jika tanpa adanya intervensi. Usia merupakan salah satu faktor risiko diabetes mellitus, dan prevalensinya banyak terjadi pada usia >45 tahun. Diet diabetes mellitus merupakan upaya pengendalian diabetes mellitus, dan dalam peningkatan kepatuhan diet diabetes mellitus diperlukan pengetahuan sebagai dasar dalam melakukan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat pengetahuan dan tingkat pendidikan dengan kepatuhan diet pada pralansia penderita diabetes mellitus. Penelitian ini dilakukan di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik dan menggunakan desain Cross Sectional dengan jumlah responden 45 orang yang diperoleh dari metode Systematic Sampling. Data primer diambil menggunakan wawancara dengan kuesioner dan dari data dietary recall 2x24 jam. Variabel bebas yang diteliti adalah tingkat pengetahuan dan tingkat pendidikan. Uji statistik yang digunakan yaitu uji Koefisien Kontingensi C dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05). Usia responden dalam penelitian ini adalah 45 tahun – 65 tahun, dan terdapat 12 responden dengan jenis kelamin laki-laki dan 33 responden dengan jenis kelamin perempuan. Tingkat pendidikan responden paling banyak pada kategori dasar yaitu ≤tamat SMP, dan tingkat pengetahuan responden paling banyak pada kategori kurang dalam memahami diabetes mellitus beserta diet diabetes mellitus. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan diet diabetes mellitus (p = 0,001) dan terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan kepatuhan diet diabetes mellitus (p = 0,001) Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan tingkat pendidikan dengan kepatuhan diet, yang artinya tingkat pengetahuan dan tingkat pendidikan mempengaruhi responden dalam menjalani diet diabetes mellitus berdasarkan 3J (Jadwal, Jenis, Jumlah). Berdasarkan hasil penelitian, disarankan memberikan edukasi dan informasi mengenai diabetes mellitus dan diet diabetes mellitus berdasarkan 3J (Jadwal, Jenis, Jumlah) pada penderita untuk meminimalisir tingkat keparahan pada penderita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 298-16 Ama h
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, pendidikan, kepatuhan, diet diabetes mellitus
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM214-258 Diet therapy. Dietary cookbooks
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIZQI AMALIYAH, 101211131016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorR. Bambang W., Prof. ,dr.,MS.,MCN.,Ph.D.,Sp.GK.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Nov 2016 17:00
Last Modified: 01 Mar 2018 02:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46046
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item