THE COCA-COLA COMPANY DI CINA (Bagaimana Perusahaan Multinasional Menguasai Pasar Global dengan Strategi Masuk Hybrid-Gradual)

Moh. Abid Umar, 071145005 (2016) THE COCA-COLA COMPANY DI CINA (Bagaimana Perusahaan Multinasional Menguasai Pasar Global dengan Strategi Masuk Hybrid-Gradual). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
THI.05-16 Uma t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengambil kajian mengenai ekspansi bisnis global sebuah perusahaan multinasional yaitu The Coca-Cola Company dalam mengembangkan operasi bisnisnya ke China dengan pendekatan mode masuk yang dilakukan sebagai bagian dari strategi besarnya dalam menguasai pangsa pasar minuman ringan di China. Adapun yang menjadi rumusan permasalahan penelitian ini adalah mengapa The Coca-Cola Company dapat mendominasi pangsa pasar minuman ringan China di tengah pasar yang terfragmentasi dan kompetisi yang kuat antara perusahaan-perusahaan minuman ringan baik nasional maupun multinasional? Permasalahan ini diambil terkait dengan keberhasilan The Coca- Cola Company menjadi penguasa pangsa pasar minuman ringan, dari tinjauan pustaka yang dipaparkan dalam penelitian ini, hanya dinilai dari kekuatan jaringan dan brand globalnya, manajemen globalnya yang agresif, ataupun kemampuan untuk berekspansi dalam hal investasinya dan keunikannya beradaptasi dengan lokal. Tidak ada kemudian yang menilai dari strategi mode masuknya. Padahal strategi mode masuk ini menjadi hal penting bagi The Coca-Cola Company dalam membuat pijakan yang kuat untuk mengembangkan operasi bisisnya di China. Pijakan yang kuat itulah yang kemudian membuat The Coca-Cola Company bisa menerapkan strategi-strategi selanjutnya dalam pengembangan operasi bisnisnya hingga kemudian menjadi penguasa pangsa pasar minuman ringan di China. Dengan menggunakan kerangka teori dan penyajian data serta rangkaian analisis yang dilakukan, dapat ditegaskan bahwa The Coca-Cola Company bisa menguasai pangsa pasar minuman ringan di China karena strategi masuk The Coca-Cola Company yang hybrid-gradual yaitu mengkombinasikan pilihan-pilihan mode masuk secara rasional nan bertahap dinilai dari latar bisnis yang ada mulai dari pijakan eksporting mode, franchise mode, hingga joint venture mode dan wholly owned subsidiaries sehingga bisa melakukan penetrasi pasar yang makin luas dan mengontrol dominasi dalam pasar minuman ringan di China, karena China diproyeksikan menjadi pasar yang terhubung dengan bisnis global minuman ringan The Coca-Cola Company. Dengan cara itu, The Coca-Cola Company dapat memastikan keberlangsungan bisnisnya dan berinvestasi dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI.05/16 Uma t
Uncontrolled Keywords: ekspansi bisnis global, oportunitas internasional, perusahaan multinasional, mode masuk hybrid-gradual
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Moh. Abid Umar, 071145005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorM. Muttagien, S.IP, MAt Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra
Date Deposited: 17 Nov 2016 18:06
Last Modified: 07 Jun 2017 21:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item