KETEPATAN PENERAPAN MEKANISME PEMBIAYAAN DENGAN SISTEM BAGI HASIL AL·MUDHAlUBAH DALAM ISLAM (STUDI KASUS PADA BANK MUAMALAT INDONESIA)

ARIS HANDOKO, 049514923 (2001) KETEPATAN PENERAPAN MEKANISME PEMBIAYAAN DENGAN SISTEM BAGI HASIL AL·MUDHAlUBAH DALAM ISLAM (STUDI KASUS PADA BANK MUAMALAT INDONESIA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
KK A 185-01 HAR K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

sebagai bank pertama yang sesuai syariah. menarik pcrhatian pcnulis unluk mencoba menelili penerapan mekanisme pembiayaan dengan sislem bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia dikaitkan dengan ul-mudhurubuh da!am Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualilalif dikarenakan penelitian ini diawali dari fakta, yang kemudian dan penelitian ini ingin dikewhui lebih lanjul hakekal fakla lersebut, yailu mekanisme pembiayaan dengan sislem bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia. Penelilian kualitalif dilakukan dengan menggunakan studi kasus (cu.w! swdy), dimana dalam hal ini penelitian memfokuskan pada ketepatan pencrapan mekanisme pembiayaan dengan sislem bagi hasil (llch Bank Muamalat Indonesia. Terkait dengan permasalahan yang dilcntukan, pemahaman yang kemudian dibutuhkan adalah mekanisme ullIIudlwrahuit dalam Islam ilu sendin. Pemahaman tersebut lerkait dengan ketentuan-ketentuan yang hams dipenuhi pada keljasama ul-mudhurabuh -<iimana disyamlkan adanya pembagian keuntungan dan kerugian-dimana hal ini menjadikan kerjasama yang dilakukan sah. Ketentuan pembagian keunlungan dan kerugian lcrsebut atau yang lebih dikenal dengan sistem bag; has;!. menjadi dnsar pcnilaian bagi mekanisme kredit bank konvensional sual ini, juga mekanisme pembiaya:m dengan sislem bagi hasil Bank Muamalal Indonesia. Penilaian tersebul lx:r:mjak dan latwa yang dikeluarkan oleh Dewan Pengawas Syariuh yang tel3h :Iisosialisasikan dalam Program Sosialisasi Produk Pcmbiayaan yang dilaksana~an oleh Urusun Organisasi dan Sumbcr Daya Insuni 13ank Muumalat Indonesi~,. Pembahasan secara deskriplif kualitatif dilakukan dengan membandillgkan kedua dcsknpsi yang ada yaitu mekanisme ul-mudhuruhuh dan pembiayaan dengan sistem bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia. Untuk mendukuug pcmbahasan, maka juga dibandingkan pedanjian pembiayaan ul· mudlwrahah yang merupakan penerapan langsung dari mekanisme yang ada. Sehingga dapat diketahui apakah penempan yang dilakukan Bank Muamalat lndonesia sesuai syanah. yakni memenuhi ketentuan bagi hasilnya dan tidak mengandung praktek bunga secara terseiubung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 185/01 Har k
Uncontrolled Keywords: risk saharing, bank-banking
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1656 Bank reserves. Bank liquidity. Loan loss reserves
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARIS HANDOKO, 049514923UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantEDI SUBYAKTO, Drs, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 17 Nov 2016 18:28
Last Modified: 07 Jun 2017 22:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46086
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item