ASPEK KOMUNIKASI DALAM KEBERHASILAN PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN Studi kasus pada pertamina unit pembekalan dan pemasaran dalam negri (PPDN) V Surabaya

SETIO TRIWIDODO, 049836260 (2001) ASPEK KOMUNIKASI DALAM KEBERHASILAN PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN Studi kasus pada pertamina unit pembekalan dan pemasaran dalam negri (PPDN) V Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 186-01 TRI A.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anggaran sebagai alat yang sangat penting untuk perencanaan dan pengendalian jangka pendek dalam suatu organisasi. Posisi anggaran dalam percncanaan menye1uruh perusahaan (tolal business planning) didahului dengan penetapan filosofi dan tujuan, penetapan tujuan dan strategi, dan penyusunan pro6'Tam. Faktor-taktor keberhasilan proses penyusunan anggaran seperti partisipasi dalam penyusunan anggaran (participation in budgeting process), kejelasan sasaran anggaran (budget goal clarity), dan tingkat kesulitan anggaran (degree of budget target difficulty) berpengaruh dominan terhadap keberhasilan proses penyusunan anggaran, tetapi satu hal yang tidak diperhitungkan adalah bahwa keberhasilan proses tersebut juga bergantung pada interaksi manusia individuindividu penyusun anggaran. Sedangkan kita mengetahui bahwa interaksi yang harmonis di antara para karyawan dalam suatu organisasi, baik dalam hubungannya secara timbal batik pula, disebabkan oleh komunikasi. Dalam penelitian ini penulis mengangkat judul "Aspek Komunikasi dalam Keberhasilan Proses Penyusunan Anggaran", scdangkan rumusan masalahnya adalah "Bagaimana keberhasilan proses penyusunan anggaran ditinjau dan aspek komunikasinya" dengan tujuan: (l) menggambarkan bahwa keberhasilan proses penyusunan anggaran dapat ditinjau dari aspek komunikasinya, dan (2) mengevaluasi apakah kegiatan komunikasi yang dilakukan telah efektif dalam menunjang keberhasilan proses tersebut sehingga tujuan organisasi dapat segera tercapai. Pendckat:an yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif -studi kasus pada Pertamina Unit Pembekalan dan Pemasaran Dalam Negeri (PPDN) V Surabaya dan sebagai obyek penelitiannya adalah proses penyusunan anggaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Teknik anahsis yang digunakan adalah Pattern Matching, yaitu mencocokkan pola konseptual dan kenyataan dari hasil penelitian terhadap dokumen yang terkait, pengamatan terhadap proses penyusunan anggaran, dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 186/01 Tri a
Uncontrolled Keywords: communication, budgeting
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
SETIO TRIWIDODO, 049836260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantERINA SUDARYATI, Dra, Ms., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 17 Nov 2016 18:51
Last Modified: 08 Jun 2017 16:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46099
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item