EVALUASI PELAKSAAN AUDIT MUTU RUMAH SAKIT ADI HUSADA SURABAYA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN SESUAI DENGAN ISO 9001:2008

ESTY FITRIA MEIRNANTHY, 040610205 (2013) EVALUASI PELAKSAAN AUDIT MUTU RUMAH SAKIT ADI HUSADA SURABAYA DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN SESUAI DENGAN ISO 9001:2008. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2013-meirnanthy-24241&no=5

Download (1kB)
[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 A.60-13 Mei e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Adi Husada Surabaya menerima sertifikat ISO 9000: 2008 pada tahun 2009 yang dari waktu ke waktu berusaha memperbaiki kualitas pelayanannyauntuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui audit mutu yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Penelitian ini dilakukan evaluasi untuk mengetahui sampai sejauh mana pelaksanaan audit mutu yang diterapkan dapat mencapai kepuasan pelanggan. Evaluasi pelaksanaan audit mutu internal dapat dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi evaluasi melalui studi kepustakaan, dokumentasi, menganalisis kuesioner dengan berorientasi pada kepuasan pelanggan, observasi data dalam penelitian berupa manual mutu dan hasil audit internal dan eksternal. Teknik analisa yang dilakukan adalah mengevaluasi pelaksanaan audit mutu internal dan membandingkan dengan pedoman standar ISO 9000:2008, mengevaluasi hasil kuesioner kepada pelanggan jasa Rumah Sakit Adi Husada Surabaya dengan berorientasi kepada pelanggan dan memberikan kesimpulan dari semua proses evaluasi yang dilakukan. Hasil evaluasi secara umum sesuai dengan standar ISO 9000:2008 namun masih ditemukan beberapa temuan ketidaksesuaian yang terjadi antara pelaksanaan dengan standar ISO 9001:2008, hal ini disebabkan karena adanya kurangnya pemahaman karyawan terhadap kebijakan mutu. Pelaksanaan audit mutu yang dilaksanakan ternyata dapat memberikan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi. Evaluasi terhadap audit mutu diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan karyawan serta selalu meningkatkan lima dimensi kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.60/13 Mei e
Uncontrolled Keywords: audit mutu internal, standar ISO 9001:2008, kepuasan pelanggan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ESTY FITRIA MEIRNANTHY, 040610205UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
EditorIswajuni, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 03 May 2013 12:00
Last Modified: 29 Jul 2016 09:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/461
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item