EVALUASI PENGENDALIAN INTERN SISTEM PEMBELIAN BERBASIS KOMPUTER PADA PT "X" DI GRESIK

ADITYA PUTRANTA SRI ALAM LUBIS, 049615263 (2002) EVALUASI PENGENDALIAN INTERN SISTEM PEMBELIAN BERBASIS KOMPUTER PADA PT "X" DI GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 87-02.Lub e.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini penggunaan komputer dalam bidang kegiatan pengolahan data keuangan dan penyajian laporan keuangan sudah tidak dapat dihindarkan lagt. Hal tersebut dapat menimbulkan perubahan dalam beberapa aspek pengendalian intern dalam sistem manual, yaitu bukti dasar, akurasi, konsistensi, motivasi, pekerjaan yang terkonsentrasi dalam komputer, perubahan data dan peralihan kesalahan potensiaL Oleh karena itulah diperlukan suatu metode pengendalian yang sesuai. PT "X" adalah perusahaan yang bergerak dibidang industri pupuk. Dalam mengolah dan menyajikan data pembeliannya, PT "X" sudah menggunakan komputer. Untuk menjaga a.gar tidak terjadi kesalahan dan penyimpangan pada prosedur pembelian yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan, diperlukan suatu evaluasi atas pengendalian intern sistem pembelian perusahaan. Penelitian ini akan membahas tentang evaluasi terbadap pengendalian intern sistem pembelian PT "X" yang berbasis komputer. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah pendekatan kualitatif Untuk mengumpulkan data--data yang diperlukan dalam mengevaluasi pengendalian intern sisem pembelian PT "X", penulis melakukan observasi atas aktivitas pembelian yang terjadi dan wawancara dengan karyawan yang terlibat dengan sistem pembelian dengan menggunakan kuisioner yang telah diarahkan. Dari hasil terseb~ kemudian dilakukan eValuasi terhadap pengendalian intern sistem pembelian· PT "X" yang meliputi input control, process control, dan output control serta menganalisis prosedur pembelian dengan jalan mengkajiflowchart pembelian perusahaan. Dari hasil evaluasi tersebut ditemukan adanya beberapa kelemaban yang tidak signifikan yang terdapat pada tahap input, tahap process dan tahap ouput serta ada beberapa kelemahan yang terdapat dalam prosedur pembelian yang diterapkan oleh PT "X". Namun secara garis besar, pengendalian intern sistem pembelian perusahaan sudah cukup memadai. Dengan saran yang dikemukakan oleh penulis diharapkan pengendalian intern sistem pembelian PT "X" dapat berjalan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities > AZ191-193 Evaluation
H Social Sciences > HG Finance > HG3810-4000 Foreign exchange. International finance. International monetary system
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
ADITYA PUTRANTA SRI ALAM LUBIS, 049615263UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 17 Nov 2016 19:06
Last Modified: 17 Nov 2016 19:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46112
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item