ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERIIADAP BARGA SAHAM PADA KELOMPOK INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT PABA BURSA EFEK SURABAYA TAHUNl999l1000

Nur Choliq, 049S14943 (2001) ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERIIADAP BARGA SAHAM PADA KELOMPOK INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERCATAT PABA BURSA EFEK SURABAYA TAHUNl999l1000. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 188-01 CHO A.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Harga saham perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor, dari sudut pandang pemegang saham, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga saham dapat dibagi menjaeli tiga kategori, yaitu kategori yang bersifat fundamental, faktor yang bersifat teknis dan faktor sosiaI, ekonomi dan politik. Faktor-fa~1or tersebut akan membentuk kekuatan pasar pasar yang berpengaruh terhadap transaksi saham perusahaan, sehingga harga saham perusahaan akan mengalami be,bagai kemungkinan kenaikan harga maupun penurunan harga. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah : Apakah kinerja keuangan perusahaan yang terdiri dari current ratio, dividend payout ratio, return on investment dan financial leverage baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh terhadap harga saham pada kelompok industri makanan dan minuman eli Bursa Efek Surabaya tahun 1999/2000. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : Diduga kinerja keuangan perusahaan yang terdiri dari current ratio, dividend payout ratio, return on investment dan financial leverage baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh terhadap harga saham pada kelompok industri makanan dan minuman di Bursa Efek Surabaya tahun 1999/2000. Hipotesis dalam penelitian ini yang menduga kinerja keuangan perusahaan yang tereliri dari current ratio, return on investment, financial leverage dan dividend payout ratio memiliki pengaruh terhadap harga saham pada kelompok industri makanan dan minuman di Bursa Efek Surabaya tabun 1999/2000, hasil pengujian dapat disimpulkan sehagai berikut : a. Secara simultan current ratio, return on investment, financial leverage dan dividend payout ratio memiliki pengaruh terhadap harga saham pada kelompok industri makanan dan minuman di Bursa Efek Surabaya tahun 1999. Besamya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi majemuk (R2) sebesar 0,126 yang berarti 12,6% perubahan variabel bebas yang dimasukkan dalam model mampu mempengaruhi perubahan variabel terikat atau harga saham secara bersarnasarna. b. Secara parsial dari empat variabel behas yang dimasukkan model, hanya satu variabel bebas yang merniliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, yaitu return on investment. Tiga variabel bebas lainnya, yaitu current ratio, financial leverage dan dividend payout ratio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 188/01 Cho a
Uncontrolled Keywords: stock-finance
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
Nur Choliq, 049S14943UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ConsultantHENDARJANTO, Drs., M.Si, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 17 Nov 2016 21:39
Last Modified: 08 Jun 2017 16:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46113
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item