EVALUASI PELAKSANAAN PEMERIKSAAN MANAJEMEN PADA FUNGSI PENJUALAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENJUALAN PADA PT "X" SURAKARTA

ERNA ANNYS TIANINGRUM, 049510776-E (2001) EVALUASI PELAKSANAAN PEMERIKSAAN MANAJEMEN PADA FUNGSI PENJUALAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENJUALAN PADA PT "X" SURAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 16-02 TRIA L.pdf

Download (891kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada perusahaan yang berorientasi laba, volume penjualan mcrupakan salah satu elemen penting. Perkembangan penjualan yang semakin luas mengharuskan pihak perusahaan mengeluarkan biaya penjualan yang retaIl f sangat banyak, untuk itu manajemen harus mengendalikan hiaya penjualan seefektif mungkin. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektifitas kegiatan penjualan, manajemen mernerlukan ~ebuah alat bantu manajemen yang dikenal dengan istilah pemeriksaan manajernen yang diharapkan pemborosan yang tidak perlu dapat dihindarkan dan perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efek-tif dimasa mendatang. Hal ini merupakan faktor yang sangat penting untuk mendorong tercapainya tujuan perusahaan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-studi kasus. Ruang lingkup pemeriksaan ditujukan pacta fungsi penjualan dengan seliap aktivitasnya yang dilakukan selama periode 1998 1999, yaitu data anggaran dan realisasi penjuaJan dibandingkan, dianalisis dan dinilai sejauh mana manajemen telah melaksanakan kegiatan penjualan secara efektif. Teknis anal isis dala yang digunakan adalah melode kualitalif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelilian dan analisis data, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa secara umum pelaksanaan pemeriksaan manajernen di PT "X" sudah baik dan sesuai dengan pro~dur dan lahap-tahap pemeriksaan manajemen yang baik, karena dilakukan oleh internal auditor yang independensi dan hasil pemeriksaannya dapat dipertanggungjawahkan. Internal audilor dalam melakukan pemcriksaan didasarkan pada tahap-Iahap )3ng standar dan Laporan Pemeriksaan Manajemen dibual dengan rnenyajilan fa~la·fakta mengenai lernuan pemeriksaan seeara laat dan jelas, kesimpulan yang dll.lukung oleh lemuan-Iemuan, $crta rekomendasi prak:tis atas penyelesaian m.1ISOIlah unil yang diperiksa. Seeara keseluruhan pelaksanaan kegiatan penjualan ~Iama periode 1998 -1999 belum dapat berlangsung dengan cukup efektif Hal ini disebabkan sebagian bcsar anggaran yang ditetapkan belum bcrhasil di\:apai dan terjadi unda largel. Telapi meskipun demikian terdapat peningkatan efckl1fitas pada tahun 1999 dalam fungsi penjulan yaitu terdapat peningkalan volume p.:nJualan peruSOlhaan meski reahsasi belurn tercapai. x ADLN Perpustakaan Universitas Airlangga Skripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A. 16-02 Tia e (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN; PENJUALAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
ERNA ANNYS TIANINGRUM, 049510776-EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPARWOTO WIGNJOHARTOJO, DR.,SE., AKUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Nov 2016 22:39
Last Modified: 08 Jun 2017 19:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46123
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item