ANALISIS POSITIONING RADIO COLORS BERDASARKAN PERSEPSI PENDENGAR TERHADAP PROGRAM SIARAN

ESTI MAHANANI, 041136223 (2001) ANALISIS POSITIONING RADIO COLORS BERDASARKAN PERSEPSI PENDENGAR TERHADAP PROGRAM SIARAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 55-01 Mah a.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri penyiaran radio semakin berkembang dengan pesat seiring dengan kemajuan jaman. Di Surabaya pada khususnya telah berkembang banyak stasiun radio swasta dimana setiap stasiun radio tersebut telah melalculcan segmentasi pendengar serta mencoba mengambil target pendengar tertentu. Bagi stasiun radio swasta, pendapatan dan ilclan merupalcan pendapatan paling besar. Oleh karena itu, banyaknya stasiun radio. termasuk televisi swasta merupakan ancaman serius bagi kelangsungan hidup suatu stasiun radio yang bergantung pada pendapatan dan iklan. Positioning merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh manajemen masing-masing stasiun radio untuk: menyiasati persaingan antara stasiun radio yang terjadi di Surabaya. Menurut Ries dan Trout agar positioning dapat berhasil dalam suatu masyarakat yang over komunikasi, perusahaan harus menciptakan suatu posisi dalam benak atau pikiran konsumen atau prospeknya. PT Radio Zodiac atau lebih dikenal dengan radio Colors merupakan salah satu stasiun radio yang mencoba bertahan di persaingan radio di Surabaya. Untuk itulah perlu dilakukan posilioning radio Colors sebagai dasar untuk merumuskan strategi pemasaran. Berdasarkan latar belakang diatas. penelitian ini mencoba untuk mcnguji dan mcmbuktikan hipotesis. yaitu dugaan bahwa 8 posisi radio Colors berdasarkan persepsi pendengar terhadap program siaran lebih unggul diantara stasiun radio lain yang diteliti. Dalam menganalisis positioning radio Colors digunakan atribut·atribut dan program siaran yaitu kualitas lagu yang diputar. informasi yang disiarkan. kemampuan penyiar membawakan program siaran, kcjclusan penerimaan program siaran pada pesa\wt penenma radio. variasi program siaran yang ditawarkan dan durasi waktu setiap program siaran. Dengan menggunakan model analisis menurut Walker. Boyd dan Larreche dan menggunakan teknik analisis Multi Dimensional Scalling (MDS) didapatkan pet a posisi stasiun radio yang diteliti. Dan interpretasi peta posisi tersebut dapat disimpulkan bahwa menurut persepsi pendengar terhadap program siaran. secara keseluruhan radio Colors belum unggul, akan tetapi dengan teknile anaHsis MDS diketahui bahwa pada atribut kemampuan penyiar membawakan program siaran. radio Colors lebih unggul diantara stasiun radio lain yang diteliti. Sedang1can pada sisi lain, yaitu atdbut informasi yang disiarkan. radio Colors belum unggul diantara stasiun radio lain yang diteliti. Simpulan ini sekaligus menjawab hipotesis penelitian bahwa radio Colors lebih unggul diantara stasi un radio lain. tidak terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 55/01 Mah a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: POSITIONING, RADIO AUDIENCES
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
ESTI MAHANANI, 041136223UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorY. LILIK RUDIANTO, Drs., MBA.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 17 Nov 2016 19:39
Last Modified: 08 Jun 2017 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46124
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item