PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI DAN PERSEPSI KEBERHASILAN IMPLEMENT ASI KEBIJAKAN TERHADAP PILIHAN WALIKOTA MASYARAKAT PILKADA KOTA SURABAYA TAHUN 2015

Y ohanes Bima Octaviantoro, 071211333037 (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI DAN PERSEPSI KEBERHASILAN IMPLEMENT ASI KEBIJAKAN TERHADAP PILIHAN WALIKOTA MASYARAKAT PILKADA KOTA SURABAYA TAHUN 2015. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
YOHANES.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan studi perilaku politik yang mengenai karakteristik sosial ekonomi dan persepsi keberhasilan implementasi kebijakan masyarakat akan bepengaruh pilihan masyarakat pada pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) kota Surabaya tahun 2015 dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini mencari hubungan antara karakteristik sosial ekonomi dan persepsi keberhasilan implementasi kebijakan masyarakat terhadap pilihan walikotanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan instrument kuisioner dengan responden seluruh masyarakat kota Surabaya yang terdaftar sebagai pemilih dalam pemilu kepala daerah 2015 lalu. Pada pemilihan kepala daerah kota surabaya tingkat partisipasi pemilih kembali meningkat dibandingkan tingkat partisipasi pada pilkada tahun 2010 dan bersamaan dengan peningkatan ini salah satu pasangan calon terkategori sebagai kandidat incumbent kembali meraih kemenangan pada pilkada 2015. Perilaku ini dilihat melalui teori perilaku yang terdiri dari beberapa pendekatan yaitu pendekatan sosiologi, psikologis, dan pilihan rasional. Dari hasil olahan data yang ditemukan, variabel karakterisitk sosial ekonomi seseorang terlihat berhubungan dengan pilihan walikotanya pada indikator agama sedangankan indikator lainnya tidak menunjukkan adanya hubungan. Dengan demikian variabel pertama tidak terlalu berpengaruh pada pilihan walikota masyarakat kota Surabaya. Sedangkan variabel kedua persepsi keberhasilan implementasi kebijakan masyarakat menujukkan memiliki pengaruh pada pilihan walikota masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis P 42/16 Oct p
Uncontrolled Keywords: perilaku memilih, karakteristik sospol, persepsi, pilihan politik, pilkada
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Y ohanes Bima Octaviantoro, 071211333037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Aminah, Dr. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2016 20:10
Last Modified: 17 Nov 2016 20:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46128
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item