PELAPORAN DAN PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS PRODUK PADA PT TRIAS SENTOSA Tbk DI WARU -SIOOARJO

EKA ISMATUL CHOIROH, 049912552 E (2004) PELAPORAN DAN PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS PRODUK PADA PT TRIAS SENTOSA Tbk DI WARU -SIOOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
A 88-05 Cwo p.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini globalisasi telah menjangkau aspek kehidupan dan menghadang kita dalam waktu yang relatif singkat, menuntut setiap perusahaan untuk lebih meningkatkan daya saingnya, apalagi konsumen semakin menginginkan produk maupun jasa yang mempunyai kualitas sesuai dengan yang diharapkan. Upaya peningkatan kualitas tidak bisa dipisahkan dengan usaha peningkatan produktivitas baik dalam pelaporan dan pengendalian kualitas. PT Trias Sentosa Tbk merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi BOPP Film (Biaxially Oriented Poly Propylene) dan Polyester Film yang digunakan secara luas sebagai kertas kaca pengemas untuk bennacam macam barang. PT Trias Sentosa Tbk sudah mempunyai perhatian yang cukup besar pada pentingnya kualitas, namun belum menerapkan sistem pencatatan dan pelaporan biaya kualitas secara khusus. Penyusunan laporan dan pengendalian biaya kualitas merupakan salah satu langkah yang dapat diambil oleh perusahaan untuk menciptakan kualitas dan produktivitas produk yang berkualitas tinggi dengan biaya yang paling ekonomis. Rumusan masalah pada penelitian ini difokuskan pada bagaimana pelaporan dan pengendalian biaya kualitas untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas produk. Metode penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan beberapa kesimpulan sebagai berikut yaitu perusahaan mengalami peningkatan penjualan sebesar 34,72% pada tahun 2001, dan meningkat sebesar 2,30% pada tahun 2002. Berdasarkan data yang diperoleh, biaya kualitas perusahaan sebesar 6,251 % dari penjualan pada tahun 2002, sehingga biaya kualitas perusahaan presentasenya belum memenuhi standar kualitas, karena itu perusahaan mengupayakan penurunan biaya kualitas kurang lebih 1,250% setiap tahunnya, agar mencapai sasaran 2,5% seperti yang ditentukan dalam standar kualitas. Sedangkan pada Rasio Produktivitas pada bahan baku tahun 2000 sampai tahun 2002 sebesar 2,18% : 2,20% : 2,24% dan Rasio Produktivitas untuk tenaga kerja langsung dari tahun 2000 sampai tahun 2002 sebesar 1,18% : 1,46% : 1,48%. Untuk Rasio Produktivitas biaya overhead pabrik mengalami peningkatan sebesar dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2002 yaitu 4,98% : 5,70% : 5,75 %. Selain itu, PT Trias Sentosa Tbk hendaknya melakukan pencatatan dan penyusunan laporan biaya kualitas secara formal sebagai sarana untuk melakukan perencanaan dan pengendalian biaya kualitasnya. Disamping melakukan pencatatan dan pelaporan biaya kualitas secara formal, perlu adanya evaluasi secara terus menerus dan berkesinambungan melalui laporan biaya kualitas sehingga benar -benar mencerminkan perbaikan kualitas produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Biaya Kualitas, dan Produktivitas
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
EKA ISMATUL CHOIROH, 049912552 EUNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 17 Nov 2016 21:03
Last Modified: 17 Nov 2016 21:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/46136
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item